HOME » BERITA » SETELAH MENCUIT DI TWITTER, CARLOS GHOSN DITANGKAP UNTUK KEEMPAT KALINYA

Setelah Mencuit di Twitter, Carlos Ghosn Ditangkap untuk Keempat Kalinya

Skandal mantan bos Nissan dan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, Carlos Ghosn masih terus berlanjut. Carlos Ghosn kemabli dikabarkan ditangkap untuk keempat kalinya.

Jum'at, 05 April 2019 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Carlos Ghosn (Carscoops)

OTOSIA.COM - Mantan bos Nissan, Carlos Ghosn masih harus terlilit masalah sejak pertama kali dirinya diduga melakukan penggelapan pajak. Pada 3 April lalu, lewat akun Twitternya (@carlosghosn), dia mengatakan akan membeberkan yang sebenarnya terjadi.

"I'm getting ready to tell the truth about what's happening. Press confeence on Thursday, April 11 (Aku siap untuk mengatakan apa yang sebenarnya terjadi. Konferensi pers akan dilakukan pada Kamis, 11 April)," cuitnya di Twitter.

Cuitan Carlos Ghosn (Twitter/carlosghosn)

Menurut Auto News, NHK melaporkan bahwa Ghosn ditangkap lagi, karena melanggar kepercayaan jaksa penuntut. Maka, ini adalah kali keempat Ghosn ditangkap.

Ghosn ditangkap dan ditahan sebelumnya karena tiga dakwaan, tapi dibebaskan daripenjara pada 6 Maret 2019, sembari menunggu persidangan atas tiga dakwaan tersebut.

Jaksa mengatakan bahwa penangkapan Ghosn kali ini atas pembayaran kepada perwakilan penjualan Oman, sebesar USD 34,2 juta atau Rp 484,3 miliar. Dana itu diduga untuk membayar kapal pesiar yang dibeli oleh Ghosn.

Tak lama setelah ditangkap, Ghosn menyatakan dirinya tak akan terpuruk.

"Penangkapan saya pagi ini keterlaluan dan sewenang-wenang. Ini adalah bagian dari upaya lain oleh beberapa orang di Nissan untuk membungkam saya. Mengapa menangkap saya, kecuali untuk mencoba menghancurkan saya? Saya tidak akan hancur," katanya.

Mengingat soal cuitannya di Twitter beberapa hari lalu, Ghosn bahkan tampak yakin dirinya berada di pihak yang benar.

"Saya dijadwalkan untuk menyajikan kisah saya dalam konferensi pers minggu depan. Dengan menangkap saya lagi, jaksa penuntut telah mengambil kesempatan itu, untuk saat ini, tapi saya bertekat bahwa kebenaran akan terungkap. Saya yakin bahwa jika dicoba secara adil, saya akan dibenarkan," tambahnya, sperti dikutip dari Carscoops.

Meski telah ditangkap lagi, jaksa masih mempertimbangkan apakah Ghosn harus ditahan atau tidak. Jaksa diketahui mempertimbangkan kasus baru terhadap Ghosn, terkait pembayaran yang dilakukan Nissan kepada mitra bisnis di Oman, Suhail Bahwan Automobiles.

"Saya harus mempertanyakan validitas para jaksa yang melakukan sesuatu seperti tak adil, karena pengadilan telah memberinya pembebasan dengan jaminan, dan ini bukan kasus terpisah, tetapi saling berkaitan," ujar pengacara Ghosn, Junichiro Hironaka.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR