HOME » BERITA » SETELAH PANDEMI CORONA (COVID-19) BERAKHIR, TRANSPORTASI UMUM SEPI?

Setelah Pandemi Corona (COVID-19) Berakhir, Transportasi Umum Sepi?

Bagaimana kondisi transportasi umum setelah pandemi Corona berakhir, akankah sepi karena mulai ditinggalkan masyarakat yang beralih kemudikan kendaraan pribadi?

Sabtu, 02 Mei 2020 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
Setelah Pandemi Corona (COVID-19) Berakhir, Transportasi Umum Sepi?
Ilustrasi transportasi umum (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Mudahnya penularan Corona (COVID-19) membuat masyarakat dianjurkan untuk berada di rumah saja, hindari kerumunan dan selalu lakukan physical distancing. Efeknya pun pusat keramaian dan tansportasi umum seperti bus, kereta api, dan lainnya sepi.

Tentu anjuran tersebut akan menjadi budaya baru saat ini dan mungkin akan terus diterapkan sampai seterusnya. Namun bagaimana kondisinya setelah virus Corona berakhir, akankah masyarakat seperti sekarang dan mulai tinggalkan transportasi umum atau kembali normal seperti biasanya sebelum pandemi?

1 dari 1 Halaman

Melansir Caranddriver.com, survei terbaru dari Institute for Business Value IBM yang dilakukan kepada 14.000 orang pada April lalu, hasilkan gambaran bagaimana masyarakat gunakan transportasi umum pasca COVID-19.

Berdasarkan survei tersebut 17 persen lebih berminat gunakan kendaraan pribadi. Selanjutnya, mereka yang sebelumnya gunakan angkutan umum sebelum pandemi, sebanyak 20 persen katakan bahwa tak akan lakukannya lagi. Kemudian sebesar 28 persen berujar jika akan jarang manfaatkan transportasi umum.

Lebih lanjut, setelah COVID-19 berakhir banyak orang yang masih ingin lakukan social distancing dengan kemudikan kendaraan pribadi serta terus bekerja dari rumah. Dari survei yang dilakukan sebanyak 75 persen tetap ingin bekerja dari rumah atau secara jarak jauh.

BERI KOMENTAR