HOME » BERITA » SETIR MOBIL 4 KALI LEBIH KOTOR KETIMBANG TOILET UMUM

Setir Mobil 4 Kali Lebih Kotor Ketimbang Toilet Umum

Rabu, 30 Januari 2019 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi setir mobil (Extreme Tech)

OTOSIA.COM - Sebuah penelitian di Amerika baru-baru ini mengungkapkan hal yang mengejutkan. Penelitian itu menemukan bahwa setir mobil empat kali lebih kotor daripada dudukan kloset di toilet umum.

Melansir Car Advice, setidaknya ditemukan bakteri sebanyak 629 colony-forming units (CFU) setiap sentimeter persegi. Jumlah ini menjadi enam kali lebih banyak daripada layar smartphone dan dua kali lebih buruk daripada tombol elevator umum.

Menurut penelitian, 12 persen orang Amerika tidak pernah membersihkan bagian dalam mobilnya. Hal ini jelas memberikan peluang kepada bakteri itu untuk berkembang biak.

Kebiasaan seperti makan sambil berkendara misalnya, membuat bakteri-bakteri tersebut tak bisa dihindari. Kebiasaan itu bahkan dilakukan oleh 20 persen pengemudi Amerika setiap minggu.

"Saat remahan makanan jatuh ke sela-sela kursi dan center cosole atau ada tumpahan susu di kursi belakang bagi pebgendara yang membawa anak kecil, bisa menyebabkan bakteri semakin banyak. Apalagi kemudian mobil diparkir di tempat yang terpapar sinar matahari langsung dengan kondisi kaca tertutup," ujar penelitian itu.

Berbeda dengan Indonesia, di Amerika pengisian bahan bakar dilakukan sendiri alias self service. Nah, hal ini rupanya semakin menambah jumlah bakteri, sebab tangan memencet tombol yang sama dan tuas pengisi bahan bakar yang sama. Maka ada perpindahan bakteri saat proses pengisian bahan bakar di tempat umum ini.

Jadi, penelitian itu mengimbau bahwa pemilik mobil harus lebih giat membersihkan mobilnya, bukan hanya luarannya saja, tapi juga bagian dalam. Selain itu juga setelah memegang apapun, ada baiknya untuk membersihkan tangan.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR