HOME » BERITA » SETIR MOBIL INDONESIA DI SEBELAH KANAN, BEGINI SEJARAHNYA

Setir Mobil Indonesia di Sebelah Kanan, Begini Sejarahnya

Pernahkah Otolovers bertanya-tanya kenapa setir mobil Indonesia ada di sebelah kanan sedangkan banyak negara menerapkan kebalikannya?

Kamis, 21 Maret 2019 14:15 Editor : Cornelius Candra
Setir mobil Indonesia di sebelah kanan (theverge.com)

OTOSIA.COM - Salah satu hal yang kerap menjadi pertanyaan adalah kenapa mobil di Indonesia memiliki setir di sebelah kanan dan semua kendaraan bermotor berjalan di sebelah kiri.

Ternyata, mengutip dari Worldstandarts.eu, hal ini tidak terlepas dari penjajahan Belanda. Kala itu mereka juga menerapkan sistem setir kanan.

Konsep tersebut kemudian berubah menjadi setir kiri setelah Perancis menjajah Belanda. Namun, sistem ini tetap berlaku di beberapa negara jajahan Belanda, termasuk Indonesia.

Sistem ini tetap bertahan seiring hadirnya Jepang ke Indonesia pada masa Perang Dunia II. Ya, Jepang juga menerapkan sistem setir kanan, bahkan sampai sekarang.

Selain Indonesia, beberapa negara lain juga menerapkan sistem setir kanan, seperti Australia, Bangladesh, Inggris, Malaysia, Hong Kong, dan India. Berbagai negara di Afrika Selatan pun banyak yang menggunakan konsep tersebut.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR