HOME » BERITA » SETIR MOBIL VOLVO BAKALAN BISA GESER DARI KANAN DAN KIRI

Setir Mobil Volvo Bakalan Bisa Geser dari Kanan dan Kiri

Volvo mematenkan sistem untuk bisa menggeser setir dan cluster instrument, dari sisi kanan ke kiri. Bahkan setir mobil bisa diposisikan di tengah.

Jum'at, 09 Oktober 2020 14:15 Editor : Dini Arining Tyas
Setir Mobil Volvo Bakalan Bisa Geser dari Kanan dan Kiri
Gambar paten sistem setir mobil Volvo (Carscoops)

OTOSIA.COM - Sektor otomotif tak berhenti untuk terus berinovasi. Kali ini Volvo yang membuat suatu inovasi menarik, setir mobil yang bisa berpindah dari sisi kanan ke kiri.

Inovasi itu terlihat dari sistem yang baru-baru ini dipatenkan Volvo. Dilansir dari Carscoops, tak hanya memungkinkan perpindahan setir, tapi juga cluster instrumennya.

Sistem ini diajukan pertama kali oleh Volvo ke United States Patent and Trademark Office pada awal 2019 dan baru dipublikasikan pada akhir September.

1 dari 2 Halaman

Pada gambar paten menunjukkan bagaimana kendaraan akan menggunakan berbagai komponen kabel, termasuk sistem steer-by-wire dan throttle-by-wire, yang berarti tidak akan ada koneksi fisik antara kontrol dan sistem yang mereka operasikan.

Sistem ini akan memungkinkan pengemudi hanya mennggeser setir dan cluster instrumen ke sisi penumpang kendaraan jika mereka ingin membiarkan mobil itu melaju sendiri alias nirsopir.

2 dari 2 Halaman

Setir Mobil Volvo Bakalan Bisa Geser dari Kanan dan Kiri

Menariknya, setir mobil ini bahkan bisa diposisikan di tengah mobil, seperti McLaren F1. Sedangkan untuk pedalnya, sistem Volvo bisa menggunakan pressure-sensitive pads, sensor yang digerakkans ecara hidrolik atua pneumatik, yang akan dipasang di kedua sisi kaki depan.

Sistem akan secara otomatis mengaktifkan pedal sesuai posisi setir. Sistem ini dianggap bisa menjadi solusi untuk Volvo yang tidak perlu lagi merancang kendaraan setir kanan atau setir kiri untuk beberapa pasar.

BERI KOMENTAR