HOME » BERITA » SHELL TAMBAH KAPASITAS PRODUKSI OLI UNTUK PASAR INDONESIA

Shell Tambah Kapasitas Produksi Oli untuk Pasar Indonesia

Shell Lubricants menambah investasinya di Indonesia dengan rencana menggandakan kapasitas produksinya untuk pasar domestik.

Jum'at, 13 Maret 2020 08:45 Editor : Nazarudin Ray
Shell Tambah Kapasitas Produksi Oli untuk Pasar Indonesia
Shell tambah kapasitas produksi di pabrik Marunda (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Shell Lubricants menambah investasinya di Indonesia dengan rencana menggandakan kapasitas produksinya untuk pasar domestik. Penambahan kapasitas produksi itu dibarengi dengan rencana perluasan pabrik pelumas (Lubricant Oil Blending Plant/LOBP) berkelas dunia yang berlokasi di Marunda, Bekasi.

Sayangnya Shell enggan menjawab berapa banyak penambahan kapasitas dari pabrik sebelumnya untuk pasar Idnonesia. "Mohon maaf kami memang tidak memberikan informasinya kepada publik. Nanti kalau pabriknya sudah selesai dan diresmikan akan kami informasikan," terang President Director and Country Chair Shell Indonesia, Dian Andyasuri.

Pada transformasi industri 4.0, pemerintah berharap industri pelumas nasional dapat meningkatkan kapasitas serta utilitas industrinya di Indonesia, seiring dengan tumbuhnya industri secara keseluruhan.

1 dari 1 Halaman

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI di tahun 2019, produksi pelumas dalam negeri baru mencapai 908,36 juta liter per tahun.

Masih berdasarkan catatan Kemenperin RI, industri pengolahan non migas tumbuh sebesar 4,34 persen pada 2019. Daya tarik Indonesia sebagai pusat investasi industri tercermin dari kenaikan indeks kemudahan berusaha Indonesia (Ease of Doing Business) yang mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pada prinsipnya kapasitas produksi di pabrik baru ini mengacu pada data Kemenperin RI, yakni sekitar 4,34 persen. Demand pelumas Shell di Indonesia sendiri cukup besar," tambah Dian Andyasuri.

Pabrik di Marunda, Bekasi adalah salah satu investasi terbesar yang digelontorkan Shell untuk lingkup global. Ekspansi ini memungkinkan Shell untuk memenuhi permintaan pasar pelumas dalam negeri yang terus meningkat. 

BERI KOMENTAR