HOME » BERITA » SI MINI FERRARI 308 GTS, TERMURAH SEDUNIA?

Si Mini Ferrari 308 GTS, Termurah Sedunia?

Harga Ferrari 308 GTS Mini mungkin bisa disebut termurah sedunia. Mobil mini untuk bocah 10 tahun itu hanya dilelang seharga Rp 135 jutaan.

Senin, 12 Agustus 2019 14:15 Editor : Dini Arining Tyas
Si Mini Ferrari 308 GTS, Termurah Sedunia?
Ferrari 308 GTS Mini (collectingcars.com)

OTOSIA.COM - Tenaga super, tampilan mewah, dan harga mahal identik dengan supercar pabrikan Italia, Ferrari. Harganya selalu berada di kisaran miliaran.

Apalagi jika si Ferrari menyandang status limited edition atau versi yang diproduksi hanya beberapa saja. Harganya sudah bisa dipastikan benar-benar mahal.

Tenang, ada juga kok Ferrari yang harganya hanya seratus jutaan. Yep, itu adalah Ferrari 308 GTS Mini. Melansir collectingcars.com, mobil ini baru saja dilelang, dan ditutup dengan harga GBP 7.900 atau Rp 135 jutaan (Kurs GBP 1 = Rp 17.110),¬pada Jumat (9/8/2019).

1 dari 3 Halaman

Supercar untuk Bocah

Si Mini Ferrari 308 GTS, Termurah Sedunia?Supercar untuk Bocah

Mobil yang diproduksi hanya sebanyak 100 unit ini memang memiliki ukuran mini. Sebab, mobil ini diperuntukkan untuk anak 10 tahun ke atas. Mobil kecil ini bisa dikendarai dua bocah, dengan usia 7 tahun.

Ferrari 308 GTS Mini dibuat oleh Argostini Auto Company di bawah lisensi Ferrari. Meski hanya replika, tapi mobil kecil ini memiliki desain yang sama persis dengan versi aslinya.

Seperti generasi pertama Ferrari 308 GTS, versi Mini ini memakai frame bodi baja, mesin yang dipasang di tengah, tempat duduk dua orang, dan suspensi independen empat roda.

Sementara itu, pintu di kedua sisi mobil mini tak bisa dibuka dengan alasan keamanan. Velg, pintu belakang, dan detail bodi lainnya benar-benar mengadopsi versi asli. Bahkan terlihat ada emblem Pininfarina di bodi samping.

2 dari 3 Halaman

Fitur Ferrari 308 GTS Mini

Si Mini Ferrari 308 GTS, Termurah Sedunia?Fitur Ferrari 308 GTS Mini

Hanya saja interiornya tentu berbeda, mengingat ini adalah mobil mini untuk anak-anak. Dasbornya simpel, tapi masih memiliki desain beraura Ferrari.

Ada instrumen cluster yang sekadar sebagai aksesori dan gear shifter. Setirnya bergaya tiga bilah dari Momo, yang mengadopsi desai Veloce Racing.

Output daya sederhana bersumber dari motor 4-silinder Briggs and Stratton. Power unit ini butuh biaya perawatan berkali lipat lebih murah ketimbang versi aslinya, yakni mesin V8 2.927cc.

Mobil mini ini juga punya transmisi otomatis, dengan gigi mundur yang dioperasikan melalui shifter. Mesin dan filter udara bisa diakses melalui lubang belakang. Mobil mini ini menggunkan bahan bakar bensin biasa.

Emblem Ferrari juga ada di bagian depan, samping, dan belakang, serta setir. Ada juga pelat nomor di depan dan belakang, JNR 308. Tak ketinggalan juga lampu depan, lampu belakang, dan klakson yang berfungsi dengan baik.

3 dari 3 Halaman

Harga Awal Rp700 jutaan

Si Mini Ferrari 308 GTS, Termurah Sedunia?Harga Awal Rp700 jutaan

Saat pertama kali dibuat pada tahun 1980-an, mobil mini ini dijual melalui reatil mewah seperti FAO Schwarz dan Neiman Marcus. Mobil ini dibeli oleh para konsumen kaya seharga USD 50.000 atau Rp 710 jutaan (Kurs USD 1 = Rp 14.215).

BERI KOMENTAR