HOME » BERITA » SIAP-SIAP MOBIL HYBRID MURAH, BOSCH BIKIN AKI RAMAH KANTONG

Siap-Siap Mobil Hybrid Murah, Bosch Bikin Aki Ramah Kantong

Kamis, 12 Oktober 2017 20:15

Siap-Siap Mobil Hybrid Murah, Bosch Bikin Aki Ramah Kantong
Foto: Bosch
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Mobil listrik belakangan jadi wacana termasuk di Indonesia. Namun, di Cina, mobil jenis itu dan juga hybrid mau tidak mau jadi pilihan karena negara ini jadi pemancar karbon dioksida terbesar di dunia.

Makanya, hal itu harus ditekan di sana dengan target 117 gram per kilometer pada tahun 2021.

Lalu karena Cina terkenal dengan barang berteknologi yang harganya bisa terjangkau, begitu juga masa depan transportasinya. Di sini Bosch sudah menyiapkan aki 48 vol bungkus plastik.

"Rahasia kesuksesan aki ini adalah konsepnya yang canggih, dengan menawarkan cara yang relatif murah dalam membantu mengurangi emisi CO2 kendaraan," ujar pihak Bosch soal aki murah untuk mobil hybrid itu.

Aki ini tidak membutuhkan pendinginan aktif. Kerangkanya terbuat dari plastik, bukan logam sehingga memberikan keunggulan tambahan dari sisi desain produk.

Kedua faktor ini membuat biaya produksi semakin rendah. Meski begitu, kerangka plastik memiliki tantangan lain, yaitu sel lithium-ion yang berkembang saat pengisian daya aki dan sepanjang usia kerja unit.

Akibatnya, kerangka harus menahan sejumlah tekanan. Dalam hal ini, teknisi Bosch merancang ulang sel-sel di aki 48 volt sehingga bahkan kerangka plastik pun mampu menahan tekanan tersebut.

(kpl/why/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-10-12
detail

BERITA POPULER