HOME » BERITA » SIAP-SIAP, SUZUKI XL7 2020 BAKAL DIRILIS BULAN DEPAN

Siap-Siap, Suzuki XL7 2020 Bakal Dirilis Bulan Depan

Kabar meluncurnya Suzuki XL7 2020 di Tanah Air berhembus semakin kencang. LSUV berbasis Suzuki Ertiga itu dikabarkan akan mengaspal di Indonesia pada Februari 2020.

Jum'at, 17 Januari 2020 10:45 Editor : Dini Arining Tyas
Siap-Siap, Suzuki XL7 2020 Bakal Dirilis Bulan Depan
Maruti Suzuki XL6 versi India (Car and Bike)

OTOSIA.COM - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih tutup mulut soal kehadiran Suzuki XL7 2020 di pasar Indonesia. Sayangnya, kabar mengaspalnya Suzuki XL7 2020 di pasar Tanah Air pada bulan depan pun semakin santer terdengar.

Salah satu tenaga penjual mobil Suzuki memberikan bocoran bahwa mobil SUV berbasis Suzuki Ertiga itu akan meluncur pada Februari 2020."Kira-kira diluncurkan awal Februari," begitu kata seorang tenaga penjual mobil Suzuki di bilangan Jakarta Timur kepada Otosia.com.

1 dari 5 Halaman

Prediksi Kisaran Harga

Saat ditanya soal kisaran harga Suzuki XL7, si tenaga penjual itu menyebut kemugnkinan akan bersaing dengan Mitsubishi Xpander Cross. "Kalau harganya sektiar Rp 250 jutaan ke atas," bebernya.

Proyeksi harga tersebut terbilang wajar, mengingat Mitsubishi Xpander Cross saja dibanderol Rp 267 jutaan sampai Rp 286 jutaan. Pun dengan varian lainnya seperti Honda BR-V berharga Rp 249 jutaan sampai Rp 291 jutaan, atau Toyota Rush yang dilego Rp 249 jutaan sampai Rp 271 jutaan.

2 dari 5 Halaman

Lebih Mahal Ketimbang LMPV

Siap-Siap, Suzuki XL7 2020 Bakal Dirilis Bulan DepanLebih Mahal Ketimbang LMPV

Sementara itu, saat dihubungi Otosia.com melalui sambungan telepon, pihak Suzuki rupanya tetap kukuh enggan membagikan informasi terkait Suzuki XL7 2020. Tapi pada Agustus 2019 lalu, Direktur Pemasaran 4W SIS, Donny Saputra mengatakan harga LSUV di atas LMPV.

"Secara psikologis harusnya LSUV harganya di atas LMPV, setelah itu fitur juga, secara natural ya," terang Donny, disitat dari Liputan6.com.

Jika kabar itu benar, maka Indonesai bisa punya Ertiga versi SUV yang sebelumnya juga sudah hadir lebih dulu di India. Low SUV berbasis Suzuki Ertiga di India bernama Maruti Suzuki XL6 lantaran hanya berkapasitas 6-penumpang. Selain menjadi versi Low SUV, mobil ini juga menjadi versi premium dari Ertiga.

3 dari 5 Halaman

Suzuki XL6 di India

Siap-Siap, Suzuki XL7 2020 Bakal Dirilis Bulan DepanSuzuki XL6 di India

LSUV yang mengaspal pada 21 Agustus 2019 lalu di India itu memiliki desain yang berbeda dengan Ertiga. Terutama pada bagian wajahnya, yang terdiri dari grille, desain lampu utama, lampu kabut, bumper, kap mesin,d an ornamen skid plater.

Grille XL6 berbentuk heksagonal dengan bilah besar membelah dan menghubungkan lampu utama. Sedangkan LED dipasang untuk lampu utama dan foglamp.

XL6 memakai velg alloy 15 inci yang sama. Hanya saja warnanya hitam. Sedang over fender diberi plastik hitam, melengkapi skid plate di depan dan belakang. Ada tambahan roof rail, menjadikan XL6 seperti versi crossover LSUV Ertiga.

Secara keseluruhan dimensinya lebih besar. Maruti Suzuki XL6 lebih panjang 50 mm, lebih lebar 50 mm, dan lebih tinggi 10 mm.

4 dari 5 Halaman

Perbedaan lainnya terlihat saat membuka pintu mobil XL6. Konfigurasi kursi XL6 hanya untuk 6 penumpang dengan kursi baris kedua bergaya captain seat.

Selain itu juga dominasi warna hitam dan jok kulit XL6 berwarna beige. Kelengkapannya masih sama, seperti layar infotainment 7-inci yang kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Keyless entry dan tombol start juga tersedia pada XL6.

Fitur penjamin keselamatannya tak berbeda. Keduanya dibekali dua kantong udara, rem ABS+EBD, sensor parkir belakang, kamera parkir mundur, ISOFIX, electronic stability program dan hill hold control. Dua fitur terkahir cuma tersedia untuk pilihan transmisi otomatis.

5 dari 5 Halaman

Jantung mekanis tak ada yang berubah. Masih memakai mesin K15B 4-silinder 1.5L bertenaga 105 PS dan torsi 138 Nm. Dukungan mild hybrid dari SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) juga tersedia.

Memanfaatkan intergrated starter generator (ISG) untuk lebih menghemat konsumsi BBM. Klaim efisiensinya, 19,01 km/liter dengna transmisi manual 5-percepatan dan 17,99 km/liter dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

BERI KOMENTAR