HOME » BERITA » SIAPA PENGEMUDI MOBIL PERTAMA YANG DIKENAI TILANG OLEH POLISI?

Siapa Pengemudi Mobil Pertama yang Dikenai Tilang oleh Polisi?

Mengingat sejarah, ini pengemudi mobil pertama yang dikenai tilang polisi

Kamis, 10 September 2020 08:15 Editor : Ahmad Muzaki
Siapa Pengemudi Mobil Pertama yang Dikenai Tilang oleh Polisi?
Ilustrasi tilang kendaraan (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Setiap pengendara kendaraan bermotor harus mentaati segala aturan lalu lintas yang berlaku. Jika tidak, maka polisi akan memberikan tilang. Dan tentunya ada denda atau pun sanksi lainnya.

Namun apa Otolovers sudah tahu siapa pengendara kendaraan pertama yang dikenai tilang?

1 dari 2 Halaman

Melansir dari Moneyweek, pengendara tersebut adalah Walter Arnold. Ia dikenai tilang oleh polisi setelah didapati ngebut dengan mengendarai mobil Arnold Benz di jalanan Paddock Wood, Kent, Inggris. Kejadian tersebut terjadi pada 28 Januari 1896 silam.

Walter Arnold didakwa karena sudah melanggar batas kecepatan pada waktu itu, yaitu 2 mph atau 3 km/jam. Ia malah mengendarai kendaraan dengan kecepatan 8 mph atau 13 km/jam.

2 dari 2 Halaman

Melihat kejadian tersebut, polisi pun langsung melakukan pengejaran. Arnold berhasil dihentikan setelah polisi mengejar sejauh 5 mil atau setara 8 km. Kemudian Arnold ditangkap dan dikenai denda satu shilling atau sekitar Rp180.

Sebagai informasi, Walter Arnold merupakan salah satu pemilik dealer pertama di Inggris. Ia menjual mobil Benz yang diimpor dari Jerman. Kemudian pada tahun 1896 dan 1899 perusahaannya membuat mobil sendiri dengan basis Benz yang dinamai Arnold Motor Carriage.

BERI KOMENTAR