HOME » BERITA » SIAPA SANGKA, TIKUS JUGA BISA NYETIR MOBIL

Siapa Sangka, Tikus Juga Bisa Nyetir Mobil

Mengemudikan mobil ternyata tak hanya bisa dilakukan oleh manusia, tapi juga tikus.

Sabtu, 26 Oktober 2019 11:15 Editor : Cornelius Candra
Siapa Sangka, Tikus Juga Bisa Nyetir Mobil
Tikus mengemudikan mobil (Carscoops.com)

OTOSIA.COM - Mobil memang merupakan penemuan yang dibuat dan digunakan oleh manusia. Hanya saja, hewan perlahan juga mulai bisa mengendalikan kendaraan roda empat tersebut.

Salah satu yang terkenal beberapa tahul lalu ialah seekor anjing dari New Zealand. Kini, para ilmuwan di University of Richmond, Amerika Serikat, menemukan bahwa tikus juga bisa mengemudikan mobil.

Mengutip dari Carscoops.com, eksperimen ini melibatkan 17 ekor tikus, 11 jantan dan 6 betina. Hewan ini dimasukkan ke dalam semacam kotak bersama kendaraan yang disebut ROV (rat-operated vehicle).

1 dari 2 Halaman

Lebih Pintar dari Perkiraan

Siapa Sangka, Tikus Juga Bisa Nyetir MobilLebih Pintar dari Perkiraan

Cara kerjanya, ROV akan melaju ketika tikus menekan komponen mirip setang motor di bagian depan. Tuas tersebut kemudian membuka aliran listrik yang membuat kendaraan khusus itu bergerak.

ROV ini juga dapat berbelok ke arah setang yang ditekan oleh tikus tersebut. Jadi, jika tuas kiri ditekan, maka kendaraan itu juga akan menikung ke kiri, begitu pula sebaliknya.

"Mereka belajar mengemudikan ROV dengan cara yang unik dan terlibat dalam pola kemudi yang tidak pernah mereka gunakan. Saya percaya tikus lebih pintar dari yang kita kira," ujar Kelly Lambert, Prefessor of Behavioral Neuroscience University of Richmond.

2 dari 2 Halaman

Simak Videonya

Siapa Sangka, Tikus Juga Bisa Nyetir MobilSimak Videonya

 

BERI KOMENTAR