HOME » BERITA » SIAPA YANG MENENTUKAN POSISI SETIR DAN ARAH BERKENDARA?

Siapa yang Menentukan Posisi Setir dan Arah Berkendara?

Selasa, 13 Maret 2018 10:30 Editor : Fitradian Dhimas
Foto Ilustrasi: Honda

OTOSIA.COM - Seperti yang diketahui, Indonesia menggunakan posisi berkendara di sebelah kiri jalan, dan roda kemudi di kanan. Hal tersebut juga diaplikasikan di beberapa negara lain seperti Australia dan Jepang.

Namun anehnya, bayak negara di Eropa dan juga Amerika justru berjalan di sebelah kanan, dan roda kemudi di kiri. Padahal, tentu akan lebih mudah jika seluruh negara di dunia menggunakan aturan yang sama.

Ternyata, akar dari hal tersebut dimulai jauh sebelum adanya mobil, tepatnya di masa kerajaan Romawi. Pada saat itu, kerajaan Romawi memerintahkan rakyatnya untuk berjalan di sebelah kanan, karena kebanyaka orang menggunakan tangan kanan dan menaiki kuda dari sebelah kiri.

Hanya saja, ketika Napoleon mulai menguasai Eropa, dia ingin semuanya berubah, termasuk aturan yang mengatur arah jalan ke sebelah kiri. Hampir semua menurut, kecuali Inggris yang tetap menggunakan sisi sebelah kanan.

Kebiasaan-kebiasaan itu pun dipraktikkan oleh negara-negara Asia, tergantung oleh negara yang membawa aturan dalam berkendara, sehingga posisi berkendara seperti sekarang.

(kpl/fdk)

BERI KOMENTAR