HOME » BERITA » SIMAK 5 TIPS JAGA CAT MOBIL AGAR AWET

Simak 5 Tips Jaga Cat Mobil Agar Awet

Agar cat mobil Otolovers bertahan lama, simak beberapa tips berikut ini.

Selasa, 18 Februari 2020 07:15 Editor : Cornelius Candra
Simak 5 Tips Jaga Cat Mobil Agar Awet
Cuci mobil (Carscoops.com)

OTOSIA.COM - Dalam merawat tampilan interior dan eksterior mobil anda, ada saatnya butuh perlakuan khusus agar mobil anda tetap bersih dan terawat. Cat merupakan komponen yang sangat vital bagi tampilan mobil.

Apabila cat mobil anda terawat dengan baik, tentunya akan semakin mencerminkan pemiliknya dan pastinya harga jual mobil tersebut tetap terjaga. Mengutip Merdeka.com, berikut 5 tips jaga cat mobil agar awet:

1 dari 5 Halaman

Cuci Mobil Secara Rutin

Mencuci mobil adalah cara mudah yang biasa dilakukan setiap pemilik mobil. Cuci mobil juga dapat menjaga penampilan mobil anda agar bersih dan terawat. Namun, cara mudah ini biasanya sering disepelekan oleh banyak pemilik mobil karena efektivitas waktu dan kesibukan sehari-hari.

Padahal, mencuci adalah cara mudah dan murah untuk menjaga penampilan mobil anda. Agar terhindar dari masalah-masalah yang menimpa mobil anda, usahakan mencuci mobil sesuai dengan ketentuan dan cara yang benar.

Tujuannya agar kotoran seperti debu dan lumpur yang bila dibiarkan bisa masuk dalam mesin bisa dibiarkan secara maksimal. Berikut cara merawat mobil dengan teknik mencuci yang benar:

Gunakan sabun mobil khusus

Penggunaan sabun khusus mobil dimaksudkan untuk menghindari jamur atau noda menempel dan menjadi kerak yang sulit dihilangkan. Hindari penggunaan sabun cuci atau sabun mandi, karena dapat mengikis komponen cat.

Gunakan air bertekanan rendah

Menggunakan air bertekanan rendah bertujuan agar bagian cat yang terkena semprotan air pada saat proses pencucian mobil tidak mengelupas. Gunakan busa yang lembut untuk meratakan sabun pada bagian bodi mobil. Hindari penggunaan alat pembersih seperti kawat untuk mencuci mobil karena hal tersebut mengakibatkan kerusakan.

2 dari 5 Halaman

Perhatikan Tempat Parkir

Cara mudah untuk merawat cat mobil kesayangan anda berikutnya adalah perhatikan tempat parkir. Di kota-kota besar yang mayoritas kekurangan lahan untuk parkir tentunya pasti menggunakan tempat parkir di luar ruangan. Sebetulnya hal tersebut masih aman untuk dilakukan dengan syarat-syarat khusus, seperti beberapa cara berikut ini:

Sebaiknya parkir mobil anda yang berada di sekitar rumah atau yang masih dalam pandangan mata. Hal tersebut bertujuan agar mobil yang di parkir di luar ruangan dapat diawasi secara mudah demi menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti baret atau lecet.
Hindari memarkir di bawah pohon. Selain beresiko bisa sewaktu-waktu tertimpa pohon yang roboh, bahaya yang mengintai di balik hal tersebut adalah getah pohon atau noda kotoran burung juga dapat mengancam kebersihan cat mobil anda.

3 dari 5 Halaman

Gunakan Produk Perawatan Mobil yang Bagus

Cara merawat mobil yang mudah berikutnya adalah menggunakan produk-produk perawatan mobil yang bagus. Contohnya seperti wax, sampo mobil khusus, atau bahan poles yang dapat menjaga mobil anda tetap mengkilat.

Namun penggunaan wax dan poles sebaiknya juga dilakukan tidak terlalu sering. Dilansir dari modifikasi.com, penggunaan wax dan bahan poles yang terlalu sering pada mobil anda bisa mengakibatkan cat mengelupas dan menyebabkan baret-baret halus pada bagian bodi mobil anda.

Untuk penggunaan wax usahakan dipakai 1-2 kali dalam sebulan. Untuk menghilangkan noda yang membandel seperti aspal, oli, ataupun jamur bisa menggunakan tar remover yaitu sejenis cairan untuk membersihkan noda atau aspal yang telah menempel pada mobil anda.

4 dari 5 Halaman

Jangan Gunakan Penutup Ketika Mobil Masih Basah

Cara mudah berikutnya adalah hindari penggunaan kain penutup mobil pada saat mobil dalam keadaan basah seperti contohnya sehabis dicuci ataupun terkena hujan. Usahakan untuk segera mengeringkan mobil terlebih dahulu.

Tujuan dari hal tersebut adalah untuk menghindari kemungkinan flek atau noda yang bisa saja menempel pada mobil saat menggunakan kain penutup saat dalam keadaan basah. Kain penutup mobil pada saat keadaan basah bisa menyerap kotoran dan noda yang mengakibatkan cat mobil berjamur.

5 dari 5 Halaman

Gunakan Asuransi

Untuk cara mudah yang terakhir adalah gunakan asuransi untuk melindungi mobil kesayangan anda. Asuransi bukan hanya sekedar memberikan perlindungan pada mobil, tapi juga membantu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan ataupun kehilangan.

Saat ini banyak perusahaan asuransi yang bersifat all risk yang artinya bahwa dengan menggunakan asuransi tersebut mobil anda akan ditanggung sepenuhnya bila terjadi kecelakaan, kehilangan ataupun kerusakan.

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR