HOME » BERITA » SIMAK BEBERAPA PILIHAN MOTOR SPORT BERMESIN 155CC DARI YAMAHA

Simak Beberapa Pilihan Motor Sport Bermesin 155cc dari Yamaha

Kamis, 31 Januari 2019 19:15 Editor : Cornelius Candra
Yamaha R15 V3 (Yamaha UK)

OTOSIA.COM - Motor dengan mesin 155cc bisa dibilang masih aneh bagi sebagian orang. Biasanya, berbagai pabrikan menawarkannya dengan kubikasi 150cc. Namun, hal inilah yang justru dilihat oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Bahkan, pabrikan berlogo garpu tala ini tak hanya merilis 1 produk di kelas tersebut.

Dengan lahirnya Yamaha MT-15 di Indonesia, lini sport kelas 155 cc manufaktur kian lengkap. MT-15 menjadi adik bontot dari R15 dan Vixion R yang sudah lebih dulu mengaspal. Ini jadi spesial. Pasalnya, cuma pabrikan berlogo garputala yang menawarkan mesin 155 cc dan sudah tiga model berbeda dipasarkan.

Yamaha Vixion R

Spesifikasi mesin sama. Depot tenaga baru andalan Yamaha yang perdana dipakai motor sport pada R15. Mesin 1-silinder 155 cc berpendingin cairan, sudah dibekali teknologi variabel valve actuation (VVA). Tenaga yang dihasilkan 19.3 PS pada 10.000 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm pada 8.500 rpm, semuanya sama. Selain itu, masing-masing sudah didukung assist & slipper clutch untuk perpindahan transmisi 6-speed lebih mulus.

Rangka juga sama. Memakai deltabox dengan swing arm berbahan aluminium dan suspensi belakang link monoshock. Deselerasi, masing-masing motor dilengkapi dua rem cakram.

Yamaha MT-15

Berbeda dari Yamaha Vixion R dan MT-15, Yamaha R15 jadi jagoan andalan yang menggunakan fairing. R15 bersaing keras dengan Honda CBR150R dan Suzuki GSXR150. Sayang, R15 sedikit tertinggal permainan, disebabkan belum punya fitur rem anti-penguncian roda ABS. Sedang kedua kompetitor utama punya.

Vixion R juga spesial sebagai evolusi dari Vixion biasa. Bedanya dengan Vixion biasa, paling signifikan dari penggunaan mesin 155 cc VVA. Vixion R punya banderol harga paling murah dari saudaranya yang bermesin sama. Harga Vixion R Rp 29,5 juta, tapi belum mendapat suspensi depan upside down. Fitur dan kelengkapan lain mirip dengan dua saudaranya itu.

Yamaha YZF-R15 V3

MT-15 jadi yang paling muda bergabung dalam keluarga. Desainnya familiar, mirip Xabre. Malah sempat digadang sebagai pengganti Xabre. Nyatanya, MT-15 menjadi alternatif bagi yang bosan dengan desain sport fairing R15 maupun naked Vixion R atau bagi yang merasa MT25 terlalu mahal harganya.

Seperti Yamaha R15, MT-15 mendapat suspensi depan upside down dengan kelir emas kontras. Fitur lain ada Lampu depan berdesain unik dengan teknologi LED proyektor, lampu belakang LED dan panel meter digital.

Sekarang pilihan kami kembalikan ke Otolovers. Cenderung suka sportbike full-fairing bisa memilih Yamaha R15. Naked-bike ada Yamaha MT-15 dan Yamaha Vixion R dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sumber: Oto.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR