HOME » BERITA » SIMAK CARA MUDAH BEDAKAN KARBURATOR ASLI DAN PALSU

Simak Cara Mudah Bedakan Karburator Asli dan Palsu

Meski motor baru sekarang sudah dibekali injeksi, namun masih banyak yang menggunakan motor berkaburator. Bahkan, karburator palsu juga masih beredar di pasaran.

Senin, 15 Oktober 2018 21:00 Editor : Cornelius Candra
Karburator sepeda motor (xs400.com)

OTOSIA.COM - Salah satu komponen yang saat ini sudah jarang ditemukan pada motor baru adalah karburator. Pasalnya, fungsi komponen tersebut telah digantikan oleh injeksi.

Meski demikian, sampai sekarang masih banyak motor yang mesinnya menggunakan sistem pengabutan karburator. Bahkan, karena fungsinya yang penting, karburator palsu masih banyak beredar di pasaran.

Sepintas memang karburator asli dan palsu tidak ada bedanya. Terkadang kita bisa tertipu lantaran mereknya yang sama. Seperti karburator bermerek Mikuni. Nah, untuk membedakan karbu Mikuni yang asli dan yang palsu ini, ada beberapa tips yang harus diperhatikan.

Ujang pemilik bengkel Ujang Jaya Motor yang berlokasi di Jalan Industri, Gunung Sahari, Jakarta Utara mengatakan karburator asli memiliki kode 26 di dalam corongnya.

"Kalau yang asli ada kode 26 nya, sedangkan kalau palsu gak ada. Settingannya juga enakan yang ori," ujar Ujang kepada Liputan6.com saat dihubungi, Senin (8/1/2017).

Menurutnya, perbedaan juga bisa dilihat dari segi warna. "Dari warna bodi karbu kalau yang asli agak burem, tidak terlalu bening. Sedangkan yang palsu bodinya lebih terang," kata Ujang.

Selain itu, Ujang pun menyatakan bahwa finishing karburator juga bisa menjadi salah satu indikator pembeda. Bahan yang digunakan pada karburator palsu cenderung kasar, sedangkan yang asli konturnya terasa halus.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR