HOME » BERITA » SIMAK EFEK BURUK KICK STARTER MOTOR JARANG DIPAKAI

Simak Efek Buruk Kick Starter Motor Jarang Dipakai

Kick starter motor yang jarang dipakai ternyata bisa menimbulkan beberapa hal buruk.

Senin, 11 Maret 2019 16:45 Editor : Cornelius Candra
Kick starter motor (Ch.webike.net)

OTOSIA.COM - Memanaskan motor saat akan dikendarai adalah hal yang lumrah. Namun, kebanyakan pemilik jarang menggunakan kick starter saat menyalakan kendaraannya.

Bahkan beberapa pemilik motor tak pernah menggunakan komponen ini sekalipun. Ternyata hal itu salah besar, kick starter seharusnya tak boleh terlalu lama tidak digunakan.

Jika pemilik kendaraan malas menggunakannya, efeknya ternyata cukup fatal. Berikut beberapa hal yang terjadi apabila kick starter jarang digunakan seperti dilansir Liputan6.com dari Wahana Honda, Minggu (10/3/2019).

1. Aki tekor

Apabila menggunakan electric starter terus menerus dapat menghabiskan energi aki dari motor. Aki tekor akan menyebabkan seluruh komponen yang menggunakan listrik tak berfungsi dengan baik.

Lampu sein, klakson dan komponen lainnya tidak akan berfungsi secara normal karena sumber energinya telah habis digunakan.

2. Mesin motor jebol

Efek terparah ialah mesin motor bisa jebol. Enggak langsung berhubungan dengan tuas kick starter, mesin motor yang lokasinya di bawah blok mesin dari sepeda motor bisa jebol ketika standar tengah macet karena jarang digunakan.

Saat pemilik memaksa menurunkan standar tengah, blok mesin bisa ikutan jebol. Karena itu cobalah untuk menggunakan kick stater saat hendak menggunakan motor di pagi hari.

3. Standar tengah macet

Apabila kick starter tak pernah digunakan, standar tengah motor matik mungkin juga tak pernah digunakan. Hati €" hati, standar tengah ternyata rawan akan kotoran karena letaknya ada di bagian bawah.

Apabila standar tengah tak pernah dipakai, maka kotorannya akan selalu menumpuk yang berakibat macet sehingga tak bisa digunakan.

4. Tak mandiri

Banyak juga pemilik kendaraan ternyata tak bisa menggunakan kick stater, khususnya pada motor matik saat ini.

Seharusnya sebelum belajar menggunakan sepeda motor, pengendara harus lulus cara menggunakan standar tengah yang benar. Tak cukup itu saja, setiap orang yang mempunyai motor juga harus bisa menyalakan motor tanpa electric starter.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR