HOME » BERITA » SIMAK, INI CARA BAYAR PAJAK MOTOR TAHUNAN DAN LIMA TAHUNAN BESERTA SYARAT-SYARATNYA

Simak, Ini Cara Bayar Pajak Motor Tahunan dan Lima Tahunan Beserta Syarat-syaratnya

Pajak sepeda motor sendiri ada dua jenis, yaitu pajak yang dibayarkan secara tahunan, dan lima tahunan

Rabu, 20 Januari 2021 08:15 Editor : Ahmad Muzaki
Simak, Ini Cara Bayar Pajak Motor Tahunan dan Lima Tahunan Beserta Syarat-syaratnya
BPKB STNK. ©imageshack.us

OTOSIA.COM - Sebagai warga negara yang baik, Otolovers harus membayar pajak. Salah satu pajak yang harus rutin dibayar adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Membayar pajak adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap warga negara. Salah satu jenis pajak yang wajib kita bayarkan secara rutin yaitu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Pajak kendaraan bermotor sendiri ada dua jenis, yaitu pajak yang dibayarkan secara tahunan, dan lima tahunan. Kedua jenis pajak kendaraan bermotor ini juga memerlukan persyaratan yang berbeda. Jadi, sebaiknya Otolovers memeriksa terlebih dahulu agar tidak keliru.

Keterlambatan dalam membayar pajak kendaraan bermotor, akan dikenakan denda tambahan yang akan kita bayar saat melakukan administrasi pembayaran pajak. Oleh karena itu, selalu cek STNK Otolovers agar tidak terlambat membayar pajak.

Untuk cara membayar pajak motor, Otolovers bisa melakukannya secara langsung di kantor Samsat terdekat. Namun, jika Otolovers memiliki urusan lain yang tidak bisa ditinggalkan, cara membayar pajak motor juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Samsat Online Nasional atau Samolnas yang dapat diunduh secara gratis.

Namun, khusus untuk pembayaran pajak 5 tahunan, Otolovers perlu melakukannya di kantor Samsat langsung. Lantaran perlu melakukan cek fisik kendaraan sebagai salah satu syarat membayar pajak.

Berikut akan kami sampaikan apa saja syarat-syarat untuk membayar pajak beserta cara membayar pajak motor, baik yang tahunan mau pun yang 5 tahunan.

1 dari 5 Halaman

Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan

Sebagai langkah awal dalam cara membayar pajak motor, Otolovers perlu mempersiapkan syarat-syarat berupa dokumen yang harus dibawa. Dikutip dari situs Akseleran, untuk melakukan pembayaran pajak motor tahunan, Otolovers hanya perlu mempersiapkan tiga dokumen, yaitu:

- KTP asli pemilik motor beserta fotokopinya

- STNK asli disertai fotokopinya

- BPKB asli dan fotokopinya

Namun, jika pembayaran dilakukan oleh orang lain, terdapat syarat tambahan berupa surat kuasa yang harus dipersiapkan. Surat ini juga diperlukan ketika Otolovers hendak membayarkan pajak motor milik perusahaan.

2 dari 5 Halaman

Cara Membayar Pajak Motor Tahunan

Dalam cara membayar pajak motor tahunan, Otolovers bisa datang langsung ke kantor Samsat dengan membawa dokumen yang menjadi persyaratan membayar pajak. Di kantor Samsat, Otolovers hanya perlu:

1. Mengisi formulir yang disediakan.

2. Menyerahkan formulir beserta dokumen persyaratan (BPKB Asli dan KTP asli tidak diserahkan, hanya ditunjukkan).

3. Kemudian membayar pajak motor sesuai dengan tarif yang ditentukan.

4. Jika Otolovers terlambat membayar pajak, harus membayar dendanya terlebih dahulu.

5. Simpan resi/bukti pembayaran tersebut untuk ditunjukkan saat mengambil STNK.

6. Periksa identitas dan data STNK.

3 dari 5 Halaman

Selain membayar secara offline dengan datang ke kantor Samsat, sekarang Otolovers juga bisa membayar pajak motor secara online dengan aplikasi. Berikut cara membayar pajak motor secara online yang bisa Otolovers lakukan:

1. Unduh aplikasi Samsat Online Nasional melalui Google Play Store atau App Store.

2. Sebelum melakukan transaksi, Otolovers perlu mendaftar terlebih dahulu. Isi data nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor rangka terakhir yang Otolovers miliki.

3. Selesai mengisi data formulir dan mengakhirinya, Otolovers akan mendapat kode pembayaran yang berlaku selama 2 jam.

4. Setelah itu, lakukan pembayaran melalui bank atau modern channel yang terdapat biaya administrasi perbankan sebesar 5.000 rupiah.

5. Kemudian, Otolovers akan mendapatkan tanda bukti pelunasan pembayaran secara elektronik melalui menu E-TBPKB. Selain itu pada menu E-Pengesahan STNK juga akan menampilkan pengesahan STNK secara eletronik yang berlaku selama 1 bulan

6 Setelah itu, pemohon wajib pajak akan mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang dikirim melalui ekspedisi ke alamat sesuai dengan yang tertera pada STNK.

4 dari 5 Halaman

Syarat Bayar Pajak Motor 5 Tahunan

Berbeda dengan cara membayar pajak motor tahunan, cara membayar pajak motor 5 tahunan ini memiliki persyaratan yang berbeda. Di samping membayar pajak, disertai juga penggantian plat nomor dan penerbitan STNK baru.

Jadi jangan heran jika biaya yang dikeluarkan lebih banyak dibandingkan saat membayar pajak motor tahunan. Syarat dalam cara membayar pajak motor 5 tahunan yaitu:

- KTP asli pemilik kendaraan beserta fotokopinya
- BPKB asli dan fotokopinya
- STNK asli beserta fotokopinya
- Sepeda motor
- Formulir perpanjangan STNK

5 dari 5 Halaman

Cara Membayar Pajak Motor 5 Tahunan

Membayar pajak motor 5 tahunan berbeda dengan saat kita membayar pajak motor tahunan. Cara membayarnya pun juga tidak bisa melalui aplikasi secara online dan harus datang langsung ke kantor Samsat.

Setelah Otolovers mempersiapkan dokumen persyaratan untuk membayar pajak motor 5 tahunan, Otolovers bisa membayar pajak motor dengan tahapan sebagai berikut:

- Bawa motor ke tempat cek fisik untuk dicek oleh petugas. Setelah selesai, Otolovers akan mendapatkan hasil pengecekan.

- Selanjutnya, Otolovers menyerahkan formulir perpanjangan STNK beserta persyaratan yang telah dipersiapkan dan hasil cek fisik sebelumnya. Tunggu sampai Otolovers mendengar panggilan dari petugas.

- Selesai melewati tahap legalisasi, pergi menuju loket perpanjangan STNK, dan ambil nomor antrean.

- Bayar pajak sesuai dengan biaya yang telah ditentukan.

- Setelah melakukan pembayaran pajak, Otolovers dapat menunggu proses pencetakan STNK baru.

- Otolovers juga perlu menunggu untuk mendapatkan plat nomor baru.

Perlu diketahui, cara membayar pajak 5 tahunan ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari membayar pajak tahunan. Oleh sebab itu pilihlah waktu yang tepat saat melakukan cara membayar pajak 5 tahunan.

Penulis: Andre Kurniawan

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR