HOME » BERITA » SIMAK, INI FUNGSI KLEP MOTOR YANG PATUT DIKETAHUI

Simak, Ini Fungsi Klep Motor yang Patut Diketahui

Berikut ini fungsi klep motor yang patut diketahui. Simak selengkapnya!

Sabtu, 23 April 2022 12:30 Editor : Ahmad Muzaki
Simak, Ini Fungsi Klep Motor yang Patut Diketahui
Honda Supra X 125 (Istimewa)

OTOSIA.COM - Klep merupakan salah satu komponen yang melekat pada motor, umumnya komponen ini memiliki ukuran yang kecil. Klep menjadi salah satu part yang cukup vital karena di beberapa kondisi motor tidak bisa dijalankan akibat klep bermasalah.

Atas fungsi penting itulah klep harus diperhatikan oleh pemilik motor. Untuk mengetahui fungsinya, dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasan lengkapnya!

1 dari 2 Halaman

Sebagai Sekat

Sejatinya, di dalam kendaraan bermotor terjadi proses pembakaran. Saat terjadi pembakaran biasanya akan menimbulkan kepulan asap yang menunjukkan itu adalah buangan dari hasil pembakaran.

Sebelum menuju knalpot, buangan terlebih dahulu dipisahkan di antara pintu ruang bakar dan udara yang keluar oleh klep. Komponen ini berfungsi sebagai pengendali sirkulasi agar tidak tercampur zat yang dapat menimbulkan ketidaknormalan pada motor.

2 dari 2 Halaman

Memasukkan Material Pembakaran

Proses pembakaran tentunya membutuhkan material yang akan dibakar, kondisi ini akan disampaikan oleh klep. Hadirnya klep ini membantu untuk mengunci material yang akan dibakar di dalam ruang bakar, sehingga tidak terjadi kebocoran ketika proses pembakaran berlangsung.

3. Mengeluarkan Zat Sisa Pembakaran Dari Ruang Bakar

Fungsi terakhir dari komponen klep adalah proses pembuangan setelah melewati tahapan sebelumnya. Fungsi klep di sini untuk mengeluarkan zat buangan dari proses pembakaran dari ruang bakar.

Demikian, fungsi klep motor yang dapat Otolovers ketahui. Semoga dengan adanya artikel dapat bermanfaat dan membantu Otolovers semua.

Penulis: Dien Muhammad Abizard

BERI KOMENTAR