HOME » BERITA » SIMAK KEUNIKAN SIRKUIT MANDALIKA, CALON TUAN RUMAH MOTOGP 2021

Simak Keunikan Sirkuit Mandalika, Calon Tuan Rumah MotoGP 2021

Selasa, 12 Maret 2019 16:30 Editor : Cornelius Candra
Sirkuit Mandalika (Merdeka.com)

OTOSIA.COM - Mulai tahun 2021 mendatang, penggemar balap motor dunia akan memadati Indonesia. Pasalnya, Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat akan menjadi salah satu tuan rumah MotoGP dan World Superbike (WSBK).

Kesepakatan ini bahkan telah dilakukan antara ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) dengan Dorna Sports SL di Madrid pada Januari 2019 lalu. Pembangunan Sirkuit Mandalika rencananya akan dilakukan Oktober 2019 dan dijadwalkan rampung Juni 2020.

Mengutip dari Bola.net, berikut ini adalah keunikan Sirkuit Mandalika yang perlu kamu tahu:

Mengusung Konsep Sirkuit Jalan Raya

Gelaran MotoGP di Indonesia tahun 2021 mendatang akan terasa semakin istimewa. Pasalnya, Sirkuit Mandalika mengusung konsep sirkuit jalan raya seperti balap Formula 1 yang digelar di Singapura dan Monako.

Desain Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika akan memiliki lintasan sepanjang 4,32 km yang terdiri atas 18 tikungan dan 1 lintasan lurus. Sebagai sarana penunjang, Sirkuit Mandalika juga dibangun paddock dan 40 garasi yang memiliki kapasitas 93.200 tempat duduk penonton. Selain itu, juga akan dibangun 138.000 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang menampung 7.700 penonton.

Biaya Pembangunan Sirkuit Mandalika

Sebagai tuan rumah dari event internasional, tentu saja pembangunan Sirkuit Mandalika memerlukan biaya operasional yang tidak sedikit. Kabarnya, biaya pembangunan Sirkuit Mandalika diperkirakan sampai Rp. 3,6 T dan akan menggandeng kontraktor Prancis, yakni Vinci Construction.

Meningkatkan Pariwisata Lombok

Sirkuit Mandalika diputuskan menjadi tempat diadakannya MotoGP dan World Superbike karena Lombok memiliki panorama yang disukai wisatawan. Harapannya, wisata Lombok juga bisa pulih pasca bencana yang pernah terjadi di sana. Pemerintah juga berharap jika proses pembangunan di Sirkuit Mandalika bisa berjalan sesuai dengan jadwal.

Sumber: Bola.net

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR