HOME » BERITA » SIMAK TIPS BERKENDARA SAAT CUACA PANAS

Simak Tips Berkendara Saat Cuaca Panas

Meski telah memasuki musim hujan, masih terdapat beberapa hari yang justru panas terik.

Kamis, 20 Desember 2018 17:15 Editor : Cornelius Candra
Cuaca di Taman Nasional Baluran cenderung tetap panas meskipun mendung (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Bulan Desember memang waktunya musim hujan. Namun, terkadang ada hari yang tak turun hujan dan cuacanya cenderung panas.

Berdasarkan pengalaman tim Otosia dalam touring 'Iconic Ride' bersama PT Piaggio Indonesia, ada beberapa cara untuk mengatasi hawa panas saat menempuh perjalanan jauh. Simak ulasannya:

1. Pemilihan Jaket

Setiap pengguna sepeda motor tentu harus selalu menggunakan riding gear (perlengkapan berkendara) ketika menempuh jarak jauh maupun dekat.

Saat cuaca panas, Otolovers bisa memilih jaket berbahan mesh atau pun dilengkapi dengan ventilasi. Selain tetap aman, bahan ini memungkinan angin untuk tetap masuk dan mendinginkan suhu tubuh.

2. Base layer

Base layer merupakan pakaian berbahan tipis yang nyaman dan cepat kering. Paling tidak, jika badan kepanasan, keringat akan cepat hilang sehingga baju tidak basah kuyup.

Mulanya, base layer kerap digunakan saat berolahraga. Tapi kini telah banyak pabrikan apparel sepeda motor yang menjual pakaian ini.

3. Warna jaket

Penggunaan jaket berwarna terang cenderung lebih nyaman digunakan saat matahari sedang terik. Memang warna cerah, seperti putih, kuning, dan krem lebih cepat kotor, tapi cara ini cukup ampuh dalam menjaga tubuh dari sengatan matahari.

4. Istirahat

Salah satu cara yang paling jitu ialah beristirahat. Tak hanya untuk sekedar berteduh, rehat sejenak dapat mengembalikan kondisi badan kembali prima. Terlebih jika disertai dengan minum. Pasalnya, pada cuaca panas, badan akan lebih banyak kehilangan cairan tubuh alias berkeringat.

5. Tetap waspada dan jaga kecepatan

Cuaca panas kerap mendatangkan keinginan untuk segera sampai ke tempat tujuan. Namun, ada baiknya untuk menjaga kecepatan tetap di bawah batas. Selain itu, Otolovers harus tetap berkonsentrasi dan mematuhi peraturan lalu lintas.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR