HOME » BERITA » SIMAK TIPS NAIK MOTOR TRAIL BIAR MAKIN JAGO DI MEDAN OFF-ROAD

Simak Tips Naik Motor Trail Biar Makin Jago di Medan Off-Road

Ada beberapa tips agar melibas medan off-road naik motor trail makin menyenangkan.

Jum'at, 19 Maret 2021 10:15 Editor : Cornelius Candra
Simak Tips Naik Motor Trail Biar Makin Jago di Medan Off-Road
Belajar melibas medan off-road (Yamaha)

OTOSIA.COM - Peminat motor trail atau off-road di Indonesia terbilang cukup besar. Buktinya, tak sedikit pabrikan yang memasarkan produk di segmen tersebut, mulai 50cc sampai lebih dari 250cc, baik rakitan lokal maupun diimpor secara utuh.

Hanya saja, motor trail didesain lebih tinggi dari motor pada umumnya. Tujuannya ialah agar tidak mudah tersangkut ketika melibas medan off-road. Tapi, hal ini memunculkan kendala tersendiri baik orang-orang dengan tinggi di bawah 170 cm. Kondisi trek yang tak terduga pun relatif menghabiskan tenaga lebih banyak.

1 dari 3 Halaman

Muhammad Arief, salah seorang instruktur Yamaha Riding Academy (YRA), membagikan beberapa tips melalui kegiatan Media Offroad School di sirkuit Cargloss dan menjelajah trek off-road di Hambalang Hills yang sempat diikuti redaksi Otosia beberapa waktu lalu.

"Karena motor trail itu tinggi, saat akan naik, pastikan posisi stang ke arah kanan. Fungsinya, agar tangan kanan kita menjadi lebih mudah menggapai stang dan menekan tuas rem. Sebelumnya, pastikan juga posisi gear masuk ke gear 1 agar motor tidak maju atau mundur ketika berada di jalan yang tidak rata. Setelah itu baru naik," terang Arief.

2 dari 3 Halaman

"Ketika di atas motor, tumpuan harus berada di kaki kiri. Jika bisa, kaki kanan bersiap di rem belakang untuk menjaga motor tetap diam. Untuk menyalakan, tekan tuas rem dan kopling karena posisi masuk gear 1, baru mesin dinyalakan. Setelah itu kita bisa langsung jalan," tambahnya.

Arief pun menjelaskan bahwa saat melibas medan off-road, pastikan memilih jalur yang aman. Ketika berhadapan dengan lubang atau lumpur, upayakan mengurangi kecepatan dan tidak mengerem atau pun membuka gas secara mendadak. Posisi tangan santai, tapi kaki menjepit tangki dengan mantap.

3 dari 3 Halaman

"Kalau harus melewati genangan juga jangan bermanuver belok kanan atau kiri karena ada potensi tergelincir. Seandainya terpaksa harus berbelok, lakukan perlahan dan usahakan tidak mengerem atau buka gas secara tiba-tiba. Pastikan juga kita sudah mengetahui kedalaman genangan air yang akan dilalui," jelas Arief.

Tak lupa, gunakan selalu safety gear agar melibas medan off-road tetap aman. Pakai sepatu khusus yang mampu menahan benturan, dan protektor siku serta lutut. Helm trail pun menjadi perangkat wajib lantaran memiliki sirkulasi udara yang baik serta daya pandangnya relatif lebih luas.

BERI KOMENTAR