HOME » BERITA » SIMAK TIPS SUPAYA BERKENDARA MOTOR TETAP AMAN DAN NYAMAN SAAT HUJAN

Simak Tips Supaya Berkendara Motor Tetap Aman dan Nyaman Saat Hujan

Hujan menjadi tantangan tersendiri saat mengendarai sepeda motor. Simak tipsnya supaya tetap aman dan nyaman.

Minggu, 17 Maret 2019 12:15 Editor : Cornelius Candra
Mengendarai sepeda motor saat hujan (Istimewa)

OTOSIA.COM - Beberapa daerah di Indonesia sampai saat ini masih kerap diguyur hujan. Hal ini tentu memberikan tantangan tersendiri bagi para pengemudi kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor.

Namun, mengendarai sepeda motor bisa tetap aman dan nyaman. Tentu saja, Otolovers harus mempersiapkan diri, beberapa perlengkapan, dan memastikan kendaraan yang ditunggangi dalam kondisi prima.

Hal itu diungkapkan oleh Hari Setiawan, Instrukstur Safety Riding PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), distributor tunggal sepeda motor Honda di Jawa Timur dan NTT.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan sepeda motor yang akan dikendarai. Pastikan bahwa semua komponen, seperti rem, ban, lampu-lampu, dan klakson dapat berfungsi dengan baik.

Selain itu, Otolovers tentu harus membawa jas hujan dan safety gear, seperti helm, jaket, celana panjang, sarung tangan, dan sepatu. Berbagai perlengkapan tersebut tak hanya melindungi dari hawa dingin dan air hujan, tetapi juga meminimalisir risiko ketika terjadi kecelakaan.

Pemilihan jas hujan juga tak bisa sembarangan. Hari menjelaskan bahwa ada baiknya jika jas hujan yang digunakan terdiri dari 2 bagian, jaket dan celana. Warnanya pun disarankan cerah supaya mudah terlihat oleh pengguna jalan lainnya.

Disarankan memilih jas hujan dengan bahan tebal supaya tidak mudah sobek. Ukurannya pun harus sesuai dengan pengendara supaya tidak ada bagian yang masih terkena air hujan dan tetap nyaman saat mengemudi.

Tips beikutnya adalah sebisa mungkin menghindari daerah banjir untuk meminimalisir risiko motor mogok atau terjadi kecelakaan. Ada baiknya tentukan dulu jalan yang akan dilalui supaya tidak terjebak banjir dan kemacetan.

Terakhir adalah pengendara dan penumpang harus tetap fokus dan sigap pada kondisi jalan, seperti lubang dan genangan air. Karena pandangan terbatas, jaga jarak aman dengan pengguna jalan lainnya.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR