HOME » BERITA » SIMONE BATTISTELA: ANDREA DOVIZIOSO SIAP GANTIKAN MARC MARQUEZ JIKA HONDA MEMINTA

Simone Battistela: Andrea Dovizioso Siap Gantikan Marc Marquez Jika Honda Meminta

Meski sudah memutuskan untuk cuti panjang balapan MotoGP, Andrea Dovizioso disebut tetap berlatih seolah sedang menyiapkan balapan MotoGP. Manager Dovizioso pun mengatakan bahwa mantan pembalap Ducati itu dalam kondisi prima, jika suatu hari Honda menghubungi mereka.

Rabu, 27 Januari 2021 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Simone Battistela: Andrea Dovizioso Siap Gantikan Marc Marquez Jika Honda Meminta
Andrea Dovizioso (Ducati Corse)

OTOSIA.COM - Spekulasi tentang Andrea Dovizioso akan menggantikan Marc Marquez sebagai pembalap Repsol Honda di MotoGP 2021 terus bergulir. Honda hingga kini juga belum benar-benar mengumumkan apakah mereka menggantikan Marquez dengan Stefan Bradl seperti musim 2020, atau menggantinya dengan pembalap lain.

Satu hal yang pasti, kemungkinan memiliki tiga pembalap tidak memungkinan. Sehingga, siapapun yang akan membalap dengan Honda RC213V nanti hanyalah akan menjadi pengganti.

Artinya, ketika Marc Marquez sudah pulih dan dinyatakan sehat untuk balapan, si pengganti akan berhenti balapan dan dilajutkan oleh kakak Alex Marquez itu. Satu nama sebagai pengganti, Andrea Dovizioso gencar disebut-sebut.

1 dari 4 Halaman

Mantan pembalap Ducati itu kini tengah menikmati aktivitas membalap motorcross di kelas amatir. Namun, manager Dovizioso, Simone Battistela mengungkapkan jika Repsol Honda menghubungi mereka, Dovi siap untuk menggantikan Marquez.

"Belum. Tapi jika panggilan itu datang, Andrea benar-benar siap. Dia berlatih menggunkan motorcrss di level amatir, tapi dia melakukan intensitas latihan seolah sedang menjalani paramusim MotoGP," katanya.

Terlepas bersiap untuk Honda atau bukan, latihan ini disebut untuk persiapan mereka comeback pada 2022 mendatang. Honda mungkin memiliki waktu hingga bulan depan untuk menentukan keputusan mereka.

2 dari 4 Halaman

"Kami sudah menolak semua proposal yang menawarkan sebagai pembalap uji, kami menolak agar bebas melakukan hal lain, tapi juga kami siap kembali ke grid," lanjut Battistela.

Battistela juga menyinggung soal status pembalap pengganti. Dia tampak sedikit tak rela jika Dovi hanya sebagai pembalap pengganti.

"Sejujurnya, saya tidak berharap Honda membiarkan Dovi memulai Kejuaraan Dunia dan kemudian menghentikannya di tengah atau menjelang akhir musim," katanya.

3 dari 4 Halaman

Lebih Masuk Akal jika Digantikan Stefan Bradl

Sementara itu, belum lama ini, kepala kru Marc Marquez, Santi hernandez mengatakan bahwa lebih masuk akal jika Honda tetap menggunakan Stefan Bradl. Marc Marquez akan kembali absen pada seri pertama MotoGP 2021. Pembalap Repsol Honda itu masih harus menjalani masa pemulihannya usai operasi ketiga Desember 2020 lalu.

Keabsenan Marquez itu memunculkan spekulasi bahwa Honda akan menggantikan pembalap Spanyol itu dengan mantan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Meskipun hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari kedua belah pihak tentang spekulasi itu.

Sepanjang musim MotoGP 2020, Marc Marquez juga digantikan oleh pembalap penguji Honda, Stefan Bradl. Saat MotoGP 2020, Bradl terlihat tak terlalu mengesankan.

4 dari 4 Halaman

Hasil balapan terbaiknya saat seri penutup di Portimao, Portugal saat dia finish di posisi ke-7. Soal pengganti untuk musim MotoGP 2021, Chief Engineer Santi Hernandez percaya bahwa Honda lebih bijaksana jika memakai Stefan Bradl saja.

"Pada awalnya, tidak siap untuk perubahan drastis, itu merupakan pukulan. Kami pikir Marc bisa embali dalam waktu yang lebih singkat," katanya dikutip dari Corsedimoto.

 

(c) HRC

Tapi seiring berjalannya waktu, diakuinya tim Repsol Honad menyadari bahwa Marc Marquez akan absen lebih lama. Mereka juga menyadari kemenangan itu tidak mungkin tanpa Marquez.

Soal pengganti, kepala kru Marquez itu bukan tidak mempercayai pembalap lain, termasuk Andrea Dovizioso, sehingga menyebut pilihan masuk akal adalah Bradl. Tapi alasannya bisa dilihat bahwa mereka juga kesulitan untuk 'mengendalikan' ban belakang Michelin baru yang banyak menyulitkan tim MotoGP.

"Lebih masuk akal untuk melanjutkan dengan Bradl, karena dia telah melakukannya sepanjang musim, dia memiliki perasaan yang baik dengan motornya. Dan jelas itu adalah pembalap penguji yang mencoba untuk mengembangkan motornya," katanya.

BERI KOMENTAR