HOME » BERITA » SINYAL TANGAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR YANG WAJIB DIHAFALKAN

Sinyal Tangan Pengendara Sepeda Motor yang Wajib Dihafalkan

Senin, 17 April 2017 16:00

Sinyal Tangan Pengendara Sepeda Motor yang Wajib Dihafalkan
Image by: Youtube.com
Editor : Magang | Reporter : Nicko Novanto

Otosia.com - Ketika mengendarai motor, sering kali kita melihat pengendara di depan kita melambaikan tangan kanan atau kirinya kepada pengendara yang ada di belakangnya. Maksud dari lambaian tangan tersebut bukan berarti dia menyapa pengendara yang ada di belakangnya, melainkan memberi sinyal pada pengendara lain di belakangnya.

Seperti yang dikutip dari enginessociety.com, ada banyak sinyal tangan yang bisa Anda ingat saat di jalan. Karena, tidak mungkin juga kita harus berteriak mengingatkan pengendara lain atau pun sebaliknya.

Apalagi saat sedang berkendara bersama dengan semua member grup motor. Sinyal seperti telapak tangan ke bawah menandakan pengendara ingin belok kanan, sebaliknya, jika pengendara ingin belok kiri, cukup lakukan setengah lengan kanan dengan telapak tangan di atas sambil mengepal.

Masih banyak lagi sinyal-sinyal yang digunakan saat berkendara dengan motor, terutama sinyal tanda bahaya. Jika ada jalan rusak pada sebelah kiri, pengendara harus lambaikan tangan kanan lalu ke bawah sambil menunjuk arah kiri. Dan jika ada bahaya ada di arah kanan, Anda tidak perlu melepas tarikan gas Anda, cukup luruskan kaki kiri ke bawah.

Karena masih beberapa orang saja yang mengetahui sinyal-sinyal tersebut, alangkah baiknya jika Anda menyebarkan informasi ini kepada sesama pengendara motor, supaya mereka dapat memberi sinyal tanpa harus berteriak atau mengingatkan dengan cara yang agak merepotkan.

 (kpl/nic/mag)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER