HOME » BERITA » SIRION BORNEO BERSOLEK MURAL RACING

Sirion Borneo Bersolek Mural Racing

Minggu, 24 Januari 2016 18:15 Editor : Ahmad Khoirudin
Klik tombol < > untuk halaman berikutnya
   
Sirion Borneo Bersolek Mural Racing

OTOSIA.COM - Kontes modifikasi yang digelar Toyota Agya Club (TAC) di ulang tahunnya kedua turut diramaikan dengan beberapa 'jagoan' modifikasi yang tak asing di kalangan modifikator Indonesia. Namun, salah satu pemain baru di ranah modifikasi ikut ambil bagian memamerkan karya terbaiknya pada Daihatsu Sirion lansiran 2009.

Sirion berbalut sticker 3D ini sudah mengalami beberapa upgrade, baik dari sektor eksterior maupun interior. Perubahan secara bertahap itupun dilakukan sang pemilik, saat dirinya mengikuti event road show HIN beberapa waktu lalu. Yang punya menyebutnya 'Red from Borneo'. Sebab Sirion ini awalnya berwarna merah polos, sesuai dengan batu akik asal Kalimantan yang sempat mencuat beberapa waktu lalu.

"Konsep dasarnya dari batu akik Red Borneo. Karena awalnya mobil ini berwarna merah polos. Perubahan terus terjadi saat saya mulai ikut roadshow HIN, sehingga Sirion ini berubah konsep secara bertahap. Kemudain mulai deh bermain di cutting sticker 3D," buka pria bernama Dolf ini, di MGK-Kemayoran, Sabtu (23/1).

Menurut Dolf, awalnya mobil dibeli bukan untuk ikut-ikutan kontes modifikasi, melainkan untuk kejuaraan slalom. Lantaran Sirion sering dipakai slalom, kondisinya pun makin prihatin, ditambah lagi Dolf mulai jenuh berslalom ria.

"Mobil ini dulunya udah gak layak pakai alias ancur-ancuran. Akhirnya saya berubah haluan dengan bermain di lifestyle, sehingga gaya modifikasinya pun otomatis berubah. Tapi resikonya dompet jadi terkuras, ha-ha-ha. Jika ditotal, biaya modifikasi yang sekarang bisa seharga 2 mobil Sirion," paparnya.

Sedikitnya terdapat 5 sektor yang jadi keunggulan pada Sirion milik Dolf. Ini, katanya, menjadi faktor penting untuk berlaga di tiap seri HIN. "Setiap seri HIN yang saya ikut waktu itu, meminta ada 3 sektor yang mesti diganti atau dimodif. Akhirnya modifikasi Sirion ini mencapai puncaknya, sudah masterpiece," lanjut Dolf.

Balutan konsep cutting sticker bermotif 3 dimensi ala Mural ini pun menjadi detail akhir yang menyempurnakan modifikasi Sirionnya. Desain yang terarsir secara menyeluruh dapat terlihat lebih apik dengan menggunakan kacamata 3D.

Kemudian, bumper depan dan belakang dikustom bergaya street racing dengan bubuhan headlamp dan stoplamp yang juga kustom. Untuk spion belakang tak lagi manual, tergantikan sistem monitor.

Kreasi seni mural 3D diperkuat oleh sistem motorized di beberapa lini yang dioperasikan via remote control, seperti pintu depan-belakang yang terbuka secara gulwing ke atas. Begitu juga kap mesin yang sebelumnya buka-tutup ke atas dan ke bawah, menjadi dibelah ke kiri dan ke kanan. Selain itu bukaan bagasi belakang dirombak menjadi 2 bagian, yang dapat dibuka ke atas dan ke bawah.

Makin komplet setelah city car ini disematkan lapisan full Murano Blast baik pada dashboard, kabin maupun jok pengendara dan penumpang. Selanjutnya interior dipercantik dengan hiasan acrylic yang didesain berbeda dari biasanya.

"Pemasangan acrylic ini saya desain semaksimal mungkin serta unik khas Borneo. Kita bisalihat pada desain minibar dan audio sistemnya," terang Dolf.

Bagian lain yang tak kalah penting adalah membenahi sumber kelistrikan. Sistem kelistrikan yang tersedot untuk mendobrak perangkat kosmetik membuat sang pemilik tak main-main dalam memilih aki, akhirnya dipasangkan-lah Accu Stiger SPV69. Cover engine yang dikanibal dengan sistem motorized menjadi nampak 'gahar' dengan balutan strutbar. Kemudian beberapa part lainnya seperti silinder head yang dibubut 1.2mm, dan fly wheel 0.5.

Raungan suara beraura racing menjadi lebih terdengar dengan mengkastem header 4-1 dan endpipe 2".

"Kreasi ini adalah hasil kerjasama yang solid antara saya dengan dua mekanik ahli yang membantu. Kebetulan saya bekerja di salah satu bengkel resmi Daihatsu di Pangeran Jayakarta 28," jelas pria yang juga mejabat sebagai kepala bengkel Daihatsu ini.

(kpl/nzr/rd)

BERI KOMENTAR