HOME » BERITA » SISTEM PENGEREMAN DARURAT OTONOM MILIK TESLA MODEL 3 GAGAL BERFUNGSI SAAT 'DIPAMERKAN'

Sistem Pengereman Darurat Otonom Milik Tesla Model 3 Gagal Berfungsi saat 'Dipamerkan'

Saat kampanye keselamatan di China, sistem pengereman darurat otonom milik Tesla Model 3 gagal berfungsi. Mobil itu tetap menabrak boneka pejalan kaki.

Rabu, 23 September 2020 20:45 Editor : Dini Arining Tyas
Sistem Pengereman Darurat Otonom Milik Tesla Model 3 Gagal Berfungsi saat 'Dipamerkan'
Gagal fungsi AEB Tesla Model 3 (Twitter/StultusVox/Carscoops)

OTOSIA.COM - Sistem pengereman darurat otonom atau autonomous emergency braking system menjadi teknologi standar yang ada pada mobil-mobil kekinian. Tak terkecuali bagi Tesla.

Tapi sayangnya, fitur tersebut tidak selalu bisa diandalkan karena masih ada kemungkinan gagal berfungsi. Seperti yang dialami oleh Tesla Model 3 di China.

Dilansir dari Carscoops, insiden gagal fungsi itu saat terjadi saat kampanye keselamatan. Tesla Model 3 berwarna putih itu terlihat tetap menabrak boneka pejalan kaki dalan pengujian sistem AEB.

1 dari 4 Halaman

Sedan listrik itu gagal mendeteksi adanya boneka pejalan kaki dan langsung menabraknya. Ada beberapa video yang yang beredar yang menunjukkan AEB Tesla Model 3 gagal berfungsi.

Pada video yang berbeda, juga terlihat Tesla Model 3 berwarna merah yang juga tetap menabrak boneka pejalan kaki saat boneka itu berjalan di tempat penyeberangan.

2 dari 4 Halaman

3 dari 4 Halaman

Pada video yang beredar juga diketahui Model 3 itu memang bisa mengenali objek di depannya, terbukti dengan adanya area merah yang ditampilkan di layar tengah. Tapi, saat mobil mengenali boneka itu, semuanya sudah terlambat.

Kegagalan fungsi AEB ini tak hanya terjadi pada Tesla. Selama pengujian serupa di Amerika Serikat yang dilakukan oleh AAA tahun lalu, terungkap bahwa semua kendaraan uji gagal secara signifkan mengurangi kecepatan tabrakan secara konsisten saat kecepatan 48 kpj.

4 dari 4 Halaman

BERI KOMENTAR