HOME » BERITA » SITUASI IBUKOTA SEPI, INI JUMLAH MOBIL DAN MOTOR YANG MELINTAS PER MENITNYA

Situasi Ibukota Sepi, Ini Jumlah Mobil dan Motor yang Melintas Per Menitnya

Situasi jalan-jalan protokol di Ibukota nampak lenggang dari biasanya pasca merebaknya virus corona.

Rabu, 01 April 2020 08:15 Editor : Nazarudin Ray
Situasi Ibukota Sepi, Ini Jumlah Mobil dan Motor yang Melintas Per Menitnya
Situasi jalan MH Thamrin di depan Sarinah nampak lenggang (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Imbas dari kekhawatiran penyebaran virus corona membuat situasi di Jakarta terlihat tidak seramai biasanya. Dari pantauan otosia.com pada Selasa siang (31/3), sejumlah ruas jalan-jalan protokol Ibukota tampak lengang.

Rute-rute utama di Jakarta yang biasanya macet pada jam-jam sibuk, terlihat sangat lancar.

Sepinya situasi jalan raya di DKI Jakarta tidak terlepas dari imbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah atau social distancing dan penerapan Work From Home (WFH) oleh perusahaan swasta maupun instansi pemerintah.

Volume kendaraan bermotor yang melintas di beberapa jalan protokol tidak sama. Dibandingkan Jalan Medan Merdeka Barat, MH Thamrin, HR Rasuna Said, dan Gatot Subroto, Jalan Jenderal Sudirman nampak lebih padat.

1 dari 3 Halaman

Dari pantauan saat jam makan siang, pukul 12.00 - 14.00, Jalan Medan Merdeka Barat rata-rata per menit dilalui 14 mobil dan 26 sepeda motor. Sementara di Jalan MH Thamrin jumlah mobil yang melintas sebanyak 13 kendaraan, dan 19 sepeda motor yang lewat.

Situasi di Jalan Jenderal Sudirman sedikit lebih ramai dengan hitungan hingga 36 mobil dan 33 motor yang lewat per menitnya.

Untuk mobil yang melintas, situasi sebaliknya terjadi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, tepatnya di depan Polda Metro Jaya, yang tidak sepadat sebelum virus corona Covid-19 merebak.

2 dari 3 Halaman

Berdasarkan pengamatan pada pukul 13.15 WIB, hanya 23 unit mobil yang lewat per menitnya. Sedangkan sepeda motor mendominasi Jalan Gatot Subroto, yakni 41 motor yang lewat per menitnya.

Sementara di tol dalam kota yang melintasi Jalan Gatot Subroto justru lebih banyak, yakni mencapai 32 mobil yang melintas per menitnya.

Begitu juga di kawasan Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Sejak pukul 13.00 - 14.00, tidak banyak kendaraan pribadi yang melintas. Baik taksi maupun ojek online terlihat banyak hilir mudik. Di area ini, setiap menit kendaraan roda empat yang melintas sebanyak 22 unit, dan sepeda motor 24 unit.

3 dari 3 Halaman

Namun sayangnya situasi jalan-jalan yang sepi dimanfaatkan pengendara yang tidak disiplin. Tidak sedikit yang melanggar lalu lintas, terutama menerobos lampu merah, lawan arah, dan memotong serta memutar arah yang membahayakan pengendara lain.

Pelanggaran mayoritas didominasi sepeda motor.

 

BERI KOMENTAR