HOME » BERITA » SKANDAL GHOSN TAK PENGARUHI PENJUALAN ALIANSI RENAULT-NISSAN-MITSUBISHI

Skandal Ghosn Tak Pengaruhi Penjualan Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi

Meski diterpa skandal yang dilakukan oleh bos mereka, Carlos Ghosn, penjualan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi tetap kuat di pasar mobil global.

Jum'at, 01 Februari 2019 14:15 Editor : Cornelius Candra
Mitsubishi Xpander (Philkkotse.com)

OTOSIA.COM - Pada pertengahan 2018 lalu, aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi diterpa masalah yang terbilang besar. Ya, CEO mereka, Carlos Ghosn diduga menerima pembayaran kompensasi kontrak yang tidak sewajarnya.

Akhirnya, hal itu terbukti setelah Nissan dan Mitsubishi membentuk tim investigasi gabungan. Alhasil, Ghosn pun dipecat dari jabatan CEO dan akan diproses secara hukum.

Renault Clio

Meski demikian, skandal ini ternyata tidak berpengaruh pada penjualan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi di pasar mobil global. Bahkan, mereka justru mencatatkan peningkatan.

Mengutip dari Paultan.org, aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 10.756.875 unit sepanjang 2018 lalu. Capaian ini naik 1,4% dari tahun 2017.

Nissan X-Trail

Kokohnya penjualan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi ini tak terlepas dari produk-produk mereka yang laris manis di pasar mobil global, seperti Renault Clio, Nissan X-Trail, dan Mitsubishi Xpander.

Sayangnya, Nissan memiliki nasib yang kurang baik dari aliansi tersebut. Saat penjualan Renault naik 3,2% dan Mitsubishi 18,3%, mereka justru turun 2,8%.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR