HOME » BERITA » SKUTER MATIK PUNYA 'PENYAKIT' MUSIMAN, APA SAJA?

Skuter Matik Punya 'Penyakit' Musiman, Apa Saja?

Siapa sangka skuter matik ternyata memiliki 'penyakit' musiman, Otolovers udah tahu?

Sabtu, 16 Januari 2021 20:15 Editor : Ahmad Muzaki
Skuter Matik Punya 'Penyakit' Musiman, Apa Saja?
Ilustrasi skuter matik Honda BeAt (Otosia.com)

OTOSIA.COM - Sepeda motor matik alias skuter matik (skutik) saat ini begitu diminati konsumen. Tak hanya kalangan ibu-ibu, remaja hingga bapak-bapak pun menyukai jenis motor ini. Alasan utamanya tentu soal pengoperasian, tak perlu transmisi atau kopling saat dikendarai.

Meski begitu, nyatanya skutik memiliki 'penyakit' musiman atau kendala yang kerap terjadi di model motor ini. Lantas apa Otolovers sudah mengetahuinya?

Nah, berikut ini 'penyakit' musiman motor matik yang dilansir dari laman Federal Oil.

1 dari 3 Halaman

1. Tarikan Gas Berat

Mengendarai motor matik hanya perlu gas dan rem. Oleh sebab itu, pemotor harus rajin-rajin merawatnya. Jika tidak, maka tarikan gas menjadi berat dan tentunya akan memengaruhi performa motor.

Biasanya tarikan motor berat karena filter udara yang menjadi penyaring udara tercampur partikel kotor dan debu yang ada di ruang pembakaran. Solusinya adalah sering-sering mengecek kondisi filter udara dan kemudian membersihkannya.

2. Mesin Mati Mendadak

'Penyakit' musiman motor matik selanjutnya adalah mesin suka mati mendadak. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh klep yang terlalu rapat. Sehingga mesin cepat panas dan akhirnya mati mendadak.

Untuk mengatasinya, Otolovers tinggal membawa motor matik ke bengkel terdekat.

2 dari 3 Halaman

3. Mesin Panas saat Dikendarai

Selanjutnya adalah mesin terlalu panas alias overheat. Biasanya disebabkan sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat. Sehingga ring piston menjadi kering dan kemudian mesin mati mendadak.

Solusinya adalah menunggu mesin sampai kondisi dingin. Kemudian lepaskan busi dan masukkan oli lewat lubang busi. Hal ini bertujuan untuk melumasi piston yang tersumbat.

3 dari 3 Halaman

4. Tarikan Gas Tak Stabil

Gas tak stabil biasanya disebabkan oleh lubang kecil yang ada di tutup tangki tersumbat. Lubang tersebut berfungsi sebagai ventilator dan jika tersumbat maka sirkulasi udara terhalang. Alhasil bahan bakar tidak bisa mengalir.

Nah, cara mengatasinya adalah dengan memastikan lubang tersebut tak tersumbat. Caranya adalah menggunakan kompresor udara untuk membuang kotoran yang tersumbat.

5. Cakram Rem Panas

Ternyata rem adalah salah satu bagian di motor matik yang cepat rusak. Wajar saja, sebab rem selalu digunakan, apalagi saat melewati jalan turunan.

Untuk mengatasi cakram rem panas adalah dengan mengerti tanda-tanda kampas rem habis. Jika memang sudah habis, segera ganti yang baru di bengkel-bengkel terdekat.

BERI KOMENTAR