HOME » BERITA » SKUTIK LISTRIK CINA INI TANTANG VIAR Q1 DAN GESITS

Skutik Listrik Cina ini Tantang Viar Q1 dan Gesits

Skutik listrik Viar Q1 dan Gesits kini punya penantang lagi. Ada pesaing baru asal Cina yang dirakit di Semarang, U-Winfly.

Jum'at, 14 Juni 2019 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Skutik Listrik Cina ini Tantang Viar Q1 dan Gesits
Sepeda motor listrik asal Cina, U-Winfly (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Skutik listrik Viar Q1 dan Gesits kini punya penantang lagi. Ada pesaing baru asal Cina yang dirakit di Semarang, U-Winfly. Dua skutik listrik disodorkan sekaligus, yakni Blue Whale dan Sunny, yang memiliki desain mirip dengan Honda Scoopy dan Yamaha Fino.

Dua skutik listrik U-Winfly ini ditawarkan pada gelaran Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019. Banderolnya pun hampir setara harga Suzuki Nex II. Selama di JFK, U-Winfly Blue Whale dijual Rp 11,8 juta, dan Sunny Rp 9,8 juta.

"Kalau harga normalnya di dealer Rp 13,5 juta untuk U-Winfly Blue Whale, dan Sunny Rp 11,5 juta. Selama di PRJ kita kasih diskon," kata wiraniaga di booth U-Winfly, Abel.

1 dari 3 Halaman

Tambah Biaya untuk STNK

Skutik Listrik Cina ini Tantang Viar Q1 dan GesitsTambah Biaya untuk STNK

Berbeda dengan Viar Q1, kedua skutik listrik Cina tersebut belum dilengkapi dengan STNK karena belum mendapakan surat lolos uji tipe dari Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (Balai PLJSKB) Kementerian Perhubungan.

Namun jika sudah dilengkapi STNK harga jualnya tambah Rp 3 juta. "Motor ini bisa dilengkapi STNK, tambah biaya sekitar Rp 3 juta lagi. Tapi baru bisa bulan Juli karena uji tipenya baru pada bulan Juli. Jadi motor ini nggak kosongan juga, bisa pakai STNK," katanya.

2 dari 3 Halaman

Kecepatan 60 kpj

Skutik Listrik Cina ini Tantang Viar Q1 dan GesitsKecepatan 60 kpj

Mirip dengan matik regular, menurut Abel U-Winfly bisa berlari hingga 60 kpj. Dengan sekali pengisian baterai, kedua motor listrik tersebut sanggup menjelajah hingga 80-an kilometer.

"Sekali cas sampai penuh makan waktu sekitar 5 jam. Sebenarnya bisa dipaksakan sampai sejauh 100 kilometer, tapi tergantung kondisi jalan dan beban. Kalau boncengan, ya tentu tidak sejauh 80 km," katanya.

Kedua skutik listrik U-Winfly ini selain sudah punya alarm, juga dilengkapi lampu LED, bahkan motor ini punya mode mundur.

"Panel indikatornya dan speedometernya sudah digital. Di situ ada indikator petunjuk pemakaian baterai, mode pengendaraan, dan kecepatan," tukasnya

3 dari 3 Halaman

Beda Blue Whale dan Sunny

Skutik Listrik Cina ini Tantang Viar Q1 dan GesitsBeda Blue Whale dan Sunny

Untuk daya U-Winfly Blue Whale memakai baterai 72 volt, 30 amphere, dengan lama pengisian baterai 4-5 jam. Jika baterai dalam kondisi penuh, skutik listrik ini dapat menempuh jarak sejauh 80-100 km.

"Daya angkut yang dapat ditolerir adalah dibawah 250 kg. Kemudain motornya juga sudah pakai double disk brake besar," paparnya. Sementara bannya sudah tubeless berukuran R12-100/70 depan-belakang. U-Winfly Blue Whale tersedia dalam pilihan warna merah, biru muda, dan biru tua.

Sedangkan tipe Sunny, menggunakan baterai 60 volt, 30 amphere dengan jarak tempuh maksimal sejauh 80 kilometer. Hanya saja kecepatan maksimalnya 55 kpj, dan hanya menampung beban tidak lebih dari 200 kg atau dibawahnya.

Sistem pengereman U-Winfly Sunny masih pakai drum brake untuk menghentikan laju roda tubeless R10-90/90 depan-belakang. Untuk warna, Sunny menyediakan merah, biru laut, dan biru tua.

 

BERI KOMENTAR