HOME » BERITA » SKUTIK LISTRIK RODA 3 ASAL TANGERANG INI DIBANDEROL RP19,8 JUTA

Skutik Listrik Roda 3 Asal Tangerang ini Dibanderol Rp19,8 Juta

Skuter matik roda 3 bertenaga listrik asal Tangerang dijual dengan harga hanya Rp19,8 juta, apa kelebihannya?

Sabtu, 29 Desember 2018 21:45 Editor : Cornelius Candra
Selis Eagle X-Tra (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Acara cuci gudang BigBang Jakarta 2018 di JIExpo Kemayopran Jakarta tidak hanya menyajikan barang-barang rumah tangga dengan harga miring, namun juga dimanfaatkan oleh produsen otomotif untuk memperkenalkan produk-produknya.

Salah satu produsen sepeda dan motor listrik lokal yang ikut ambil manfaat dari event ini adalah Selis. Kali ini Selis menyodorkan motor listrik tiga roda yang unik bernama Eagle X-Tra. Jika lazimnya tiga roda, dua roda di depan, dan satu di belakang, maka Selis Eagle X-Tra sebaliknya, yakni dua roda di belakang, dan satu di depan.

"Tanpa standar, dia tetap bisa berdiri. Hanya saja miring, tidak tegak. Shock belakangnya secara total di belakang ada 3. Dua penopang bobot motor, dan satu lagi adalah suspensi yang mengayun miring dua roda belakang," kata Yusuf, tenaga penjual.

Kecepatan Selis Eagle X-Tra hanya 35 km/jam, dengan tiga mode pengendaraan. Model satu untuk speed 20 km/jam. Mode 2 di kecepatan 20-25 km/jam, dan ketiga untuk kecepatan 35 km/jam. Lantaran larinya di bawah 60 km/jam, maka Selis Eagle X-Tra tidak membutuhkan STNK.

"Sebenarnya speednya bisa dimaksimalkan sampai 40 km per jam," jelas Yusuf, seraya menyebutkan bahwa skutik listrik roda tiga ini sudah dilengkapi lampu LED, lampu utama dengan pencahayaan jauh dan dekat, alarm dan kunci keyless. Bahkan motror ini bisa berjalan mundur.

Untuk daya Selis Eagle X-Tra memakai baterai 48 volt, 12 amphere, dengan lama pengisian baterai 3-4 jam. Jika baterai dalam kondisi penuh, skutik listrik ini dapat menempuh jarak sejauh 35 km.

"Panel indikatornya dan speedometernya sudah digital. Di situ ada indikator petunjuk pemakaian baterai, kecepatan low sampai full. Kalau baterai alarm bisa sampai 3 tahun umurnya," paparnya. Selain alarm, ada tambahan saklar anti-maling on/off yang tersembunyi di balik jok (bagasi).

Motor yang sanggup menopang beban hingga 200 kg tersebut, ketiga rodanya sudah menggunakan ban tubeless merek Kenda berukuran 3.00-10 (163.0) yang berpadu dengan rem cakram depan-belakang.

Motor yang dibuat di pabrik Selis di Cikupa, Tangerang ini dibanderol Rp 19,8 juta, berikut garansi frame/rangka selama 5 tahun, aki 6 bulan, dan dinamo selama 1 tahun. Sementara harga baterainya adalah Rp 500 ribu.

"Kalau mau ambil kredit, DP inimal Rp 4 juta, tenornya sampai 3 tahun. Karena ini baru keluar, dan libur tutup tahun indennya 10 hari. Biasanya cuma 8 hari," tukas Yusuf.

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR