HOME » BERITA » SOAL KABAR SUZUKI BURGMAN, BANGGAS: KALAU MELUNCUR SEKARANG SEPERTI MENGGARAMI LAUTAN

Soal Kabar Suzuki Burgman, Banggas: Kalau meluncur Sekarang Seperti Menggarami Lautan

Selasa, 12 Juni 2018 18:15

Soal Kabar Suzuki Burgman, Banggas: Kalau meluncur Sekarang Seperti Menggarami Lautan
Burgman 150 by Autocarindia
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Matik bongsor di Indonesia memang sedang punya banyak peminat. Lihat saja deretan matik bongsor dari beberapa pabrikan yang langsung naik di pasaran.

Termasuk Yamaha NMax dan XMax yang masih memiliki data penjualan positif. Begitu pula dengan Honda PCX yang kini semakin digandrungi, terlepas dari berbagai isu yang menempanya.

Lalu bagaimana dengan si bongsor Suzuki Burgman?

Market Relation Section Head 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Banggas Pardede, menyiratkan bahwa peluncuran Burgman di Indonesai tak dilakukan dalam waktu dekat. Sebab, persaingan matik bongsor PCX dan NMax kini berada pada level ketat.

Burgman 125

Hal ini dirasa akan menyulitkan Suzuki untuk mendapatkan pasar.

"Kami gemas, tapi kalau seakrang itu seperti menggarami lautan," ujarnya.

Persaingan ketat ini terlihat pada data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Awal 2018, penjualan NMax tumbuh positif bahkan mencapai angka 40 ribu unit pada Maret. Jika dirata-rata tiap bulan penjualan NMax mencapai 35 ribu unit.

Sementara pesaingnya, Honda PCX semakin berkembang. Setiap bulan PCX terus bertambah angka penjualannya. Pada awal pendistribusiannya, bulan Februari hanya 9 ribu unit, lalumeningkat 16 ribu unit pada bukan berikutnya, dan 17 ribu unit pada April 2018.

Soal Burgman, Banggas pun tak banyak bicara. Menurutnya, jika Burgman meluncur di waktu yang tepat, maka harus siap memenuhi kebutuhan konsumen dan performanya tak kalah dari dua pesaingnya.

"Kalau menghadirkan produk yang sama persis, sama-sama 150 cc itu berat. Bila mengambil kapasitas mesin di bawah, Lexi 125 cc misalnya, ternyata sampai sekarang pangsa pasarnya juga kurang bagus. Kalau mau, ya harus lebih tinggi dari 150 cc," paparnya.

burgman 200

Apakah hal ini artinya Burgman 180 cc? Jika iya, maka hal ini benar-benar baru mengingat kapasitas tersebut belum pernah disodorkan Suzuki untuk Burgman.

Burgman 200 cc pernah dijual di Indonesia. Hanya saja terbentur soal harga impor yang kalah saing. Sedangkan pesaingnya memiliki harga di kisaran Rp 30 juta karena rakitan lokal.

Sumber: OTO.com

 (kpl/tys)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-6-12
detail

BERITA POPULER