HOME » BERITA » SOAL PRODUKSI MASAL NEW YARIS VERSI TTI, BEGINI KATA TOYOTA

Soal Produksi Masal New Yaris Versi TTI, Begini Kata Toyota

Kamis, 14 Maret 2019 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
New Toyota Yaris dan New Toyota Agya versi TTI (Otosia.com/Muhammad Ikbal)

OTOSIA.COM - Dengan resmi diperkenalkannya line up dan livery baru Toyota Tim Indonesia (TTI) menandakan kesiapan mereka dalam menghadapi musim balap 2019. Tahun ini, TTI akan turun di dua ajang balapan nasional yaitu Indonesian Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) dan kejurnas Gymkhana.

Rencananya, TTI akan menggunakan 2 jenis kendaraan andalan mereka yaitu New Toyota Yaris dan New Toyota Agya 1.200 cc. New Toyota Yaris akan dikemudikan oleh Haridarma Manoppo dan Demas Agil di ajang balap touring ISSOM. Sementara New Toyota Agya 1.200 cc akan dibesut oleh Andrianza Yunial, Anjasara Wahyu dan dua pembalap baru yaitu Herdiko Setya Putra dan Sabrina Sameh untuk mengikuti ajang kejurnas Gymkhana.

Kedua jenis mobil tersebut sebenarnya sudah mereka gunakan pada musim lalu, dan prestasi yang dihasilkan dari kedua mobil tersebut pun tidak main-main. Tak heran jika, TTI bersama dengan TRD Indonesia masih akan mengandalkan 2 jenis mobil tersebut untuk musim ini.

Kedua mobil tersebut dinilai memiliki performa yang baik di kelasnya masing-masing. Tentu, dengan  prestasi kedua mobil tersebut di ajang balap nasional, pihak Toyota Astra Motor juga berharap bahwa hal tersebut dapat berimbas terhadap pengembangan dan penjualan produk mobil hariannya.

"Kehadiran beberapa produk Toyota di ajang balap nasional, tentu dapat menjadi pembuktian bahwa Toyota memiliki mesin yang Tangguh dan kompetitif," ujar Direktur TTI, Memet Djumhana.

Perlu diketahui, mesin yang digunakan oleh TTI untuk kedua ajang balap nasional tersebut adalah mesin asli dari masing-masing mobil tersebut. Sehingga, tak heran bila keikutsertaan mereka di kedua ajang balap tersebut dapat dijadikan sebuah pembuktian terhadap mesin-mesin mereka.

Lalu, apakah versi balap itu bisa diterapkan untuk mobil harian?

"Tentu ada beberapa hal yang bisa diterapkan di mobil harian, Mesin, aerodinamika, posisi duduk, hingga livery tersebut," ujar penasihat teknis TTI, Rio Haryanto.

Toyota Astra Motor sendiri tidak menutup kemungkinan dapat memproduksi secara masal New Yaris atau New Agya edisi TTI. Menurut Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, FX Soerjopranoto menuturkan bahwa hal tersebut mungkin saja dilakukan bila memang banyak permintaan dari konsumen.

"Semua itu mungkin saja dilakukan, entah itu edisi TTI, edisi Gazoo Racing atau apapun. Semua itu kembali lagi ke permintaan konsumen. Jika memang banyak konsumen yang menginginkan, kenapa tidak," jelas FX Soerjopranoto.

Selain mengembangkan New Toyota Yaris dan New Toyota Agya untuk keperluan balap, TTI bersama dengan TRD Indonesia juga turut mengembangkan beberapa produk lain mereka seperti New Toyota Fortuner untuk ajang speed offroad dan Toyota FT86. Namun, untuk kedua mobil terakhir, pihak TTI masih belum mengikutsertakannya ke ajang balap resmi.

Reporter : Muhammad Ikbal

 

(kpl/ikb/tys)

BERI KOMENTAR