HOME » BERITA » SOAL SEPEDA MOTOR MASUK TOL, PENGENDARA SEPEDA MOTOR HARUS LAKUKAN INI

Soal Sepeda Motor Masuk Tol, Pengendara Sepeda Motor Harus Lakukan Ini

Selain kendaraan roda 4 dan lebih banyak, sepeda motor dikabarkan bisa menikmati fasilitas jalan tol. Tapi rencana itu menuai pro dan kontra.

Senin, 04 Februari 2019 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi motor masuk tol (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

OTOSIA.COM - Selain kendaraan roda 4 dan lebih banyak, sepeda motor dikabarkan bisa menikmati fasilitas jalan tol. Tapi rencana itu menuai pro dan kontra.

Sebelum benar-benar diterapkan, memang ada baiknya aturan ini dikaji dengan benar. Hal itu juga yang diutarakan oleh Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Nanan Soekarna. Menurutnya, sepeda motor masuk jalan tol juga sudah terdapat dalam peraturan, dan pemerintah harus menyediakan sarana itu.

"Saya hanya meng-endorse, bahwa Ketua DPR akan mengkaji. Dan tentunya, kami sebagai bikers ya hanya mengamini. Tentunya perlu dipikikan bersama, karena di luar negeri sendiri tidak ada larangan masuk tol, dan di kita ada peraturan masuk tol, dan pemerintah harus menyiapkan sarana," jelas nanan Soekarna, di Tangerang, Minggu (4/2/2019).

Jika berbicara peraturan sepeda motor masuk tol, memang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005, tentang Jalan Tol yang disahkan oleh Presiden Keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sementara itu, Nanan Soekarna mengatakan, sepeda motor masuk jalan tol itu memang bisa dilihat ada banyak manfaatnya atau tidak. Namun yang paling penting, setiap pengendara sepeda motor, baik motor besar atau motor kecil harus disiplin terlebih dahulu.

"Yang penting disiplin, kalau masuk tol tidak disiplin bisa kacau. Bikers siap dia, mau motor besar motor kecil tunjukan sikap disiplin terlebih dahulu," tegasnya.

Dengan sikap disiplin yang tinggi dari para pengendara sepeda motor ini, nantinya bakal menimbulkan kepercayaan dari masyarakat.

"Supaya orang percaya sama kita, trust sama bikers, tunjukan sikap tindakan sopan santun, taat kepada peraturan, agar masyarakat percaya. Soal tol ini hanya sarana," tandasnya.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR