HOME » BERITA » SOKONINDO ANUT SISTEM INDUSTRY 4.0, SERAPAN TENAGA KERJA AMAN

Sokonindo Anut Sistem Industry 4.0, Serapan Tenaga Kerja Aman

Sabtu, 02 Desember 2017 11:15 Editor : Fajar Ardiansyah
Super Cab Sokonindo (foto: Muhammad Hafid)

OTOSIA.COM - Pengaplikasian sistem Industry 4.0 oleh PT Sokonindo Automobile banyak dinilai masyarakat minim tenaga kerja. Pasalnya, sistem yang mulai dianut oleh banyak negara ini terintegrasi secara daring dan banyak menggunakan perangkat robot dalam produksinya.

Menanggapi hal tersebut, justru Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menampiknya. Penggunaan sistem Industry 4.0 yang diterapkan Sokonindo dalam skala operasi penuh bakal menyerap 2 ribu tenaga kerja. Airlangga yang sempat meninjau lokasi produksi bahkan mengaku melihat banyaknya pekerja wanita di bagian produksi. Ini menjadi suatu hal berbeda yang dilakukan Sokonindo dan patut mendapatkan apresiasi.

Di samping itu, Industry 4.0 dinilai juga akan meningkatkan kualitas tenaga kerja di berbagai segmen. Bahkan Airlangga bakal menjadikan Sokonindo sebagai tempat pembelajaran melalui program link and match.

"Tenaga kerja yang selalu menjadi persoalan dalam pengembangan industri, tentu pemerintah akan mendorong dengan kegiatan yang disebut link and match," ucap Airlangga.

Adapun program tersebut memastikan bahwa masing-masing industri akan membina 5 SMK. Di mana program itu sendiri sudah dimulai di Jawa Timur, Jawa Tengah Dan Jawa Barat, serta Sumatera Utara.

"Nanti di bulan Desember akan mulai di Sumatera Bagian Selatan, dan rencananya Januari masuk Banten. Dan saya sudah berbicara dengan Sokonindo, setidaknya mereka akan membina 5 SMK denga prodi (program studi) di industri robotik. Pembinaan Sokonindo ini bahkan menjadi yang paling termaju dan akan kami segera laporkan ke Presiden," ungkap Airlangga.

 (kpl/fid/fjr)

BERI KOMENTAR