HOME » BERITA » SOLUSI MOTOR MOGOK USAI DICUCI

Solusi Motor Mogok Usai Dicuci

Cara memperbaiki sepeda motor yang mogok setelah dicuci tak terlalu susah. Cara memperbaiki sepeda motor yang mogok setelah dicuci hanya perlu memeriksa beberapa bagian yang terkena air.

Rabu, 03 April 2019 15:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Autocarindia)

OTOSIA.COM - Pernah mengalami motor mogok usai mencucinya? Kemungkinan beberap bagian penting motor kemasukan air, jika sampai motor tak mau menyala.

Menurut Wahana Honda, penyebab motor mogok setelah dicuci biasanya karena air masuk ke dalam mangkuk karburator, cop bbusi, atau perangkat sistem pengapian. Lantas, bagaimana solusinya?

Jika air masuk ke mangkuk karburator, coba bukalah bagian tersebut. Tapi sebelumnya, tutup dulu kran bensin. Saat abutnya dibuka, biasanya bensin akan keluar.

Tapi dalam kasus ini, air juga akan mengikuti bensin yang keluar. Ketika sudah benar-benar kering, rapatkan kembali baut di mangkuk karburator.

Cara mengatasi motor mogok setelah dicuci jika cop busi yang terkena air cukup mudah. Otolovers hanya perlu mencopot cop busi dan membersihkannya dengan kain yang kering.

Tapi jika ternyata air juga mengenai sistem pengapian, Otolovers harus memeriksa lebih detail. Caranya, pasang busi pada cop busi dan tempelkan ulir busi pada blok silinder.

Lalu nyalakan motor dengan kick starter, pastikan kontak dalam posisi on. Jika ada percikan api yang keluar, maka tak ada masalah dengan kelistrikan motor. Yang perlu dipastikan adalah seluruh komponen kering dan tidak lembab.

Tapi jika tidak ada arus listrik yang terlihat, maka Otolovers wajib mengecek sistem pengapian seperti socket dari CDI. Telusuri jalur dari pangkal kabel busi, ikuti jalurnya sampai menemukan komponen lainnya seperti coil dan CDI. Pastikan tak ada yang salah dengan komponen-komponen tersebut.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR