HOME » BERITA » SOPIR TRUK TIDAK HANYA HARUS BERKENDARA ANDAL, TAPI JUGA CERDAS

Sopir Truk Tidak Hanya Harus Berkendara Andal, Tapi Juga Cerdas

Perlunya meningkatkan kemampuan para sopir truk agar lebih percaya diri serta memiliki dampak positif

Kamis, 27 Februari 2020 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Sopir Truk Tidak Hanya Harus Berkendara Andal, Tapi Juga Cerdas
Truk (Shaffa Maarij Kahfi)

OTOSIA.COM - UD Trucks kembali menggelar Extra Mile Challenge 2020 pada Rabu (26/02), di BSD City, Tangerang. Acara ini merupakan bagian dari kepedulian UD Trucks terhadap kompetensi sopir truk.

CEO Astra UD Trucks, Winarto Martono, menekankan perlunya meningkatkan
kemampuan para sopir truk agar lebih percaya diri serta memiliki dampak positif.

"Profesi sebagai driver itu merupakan profesi yang terkesampingkan, kita coba
tingkatkan kompetensi mereka. Dengan meningkatkan kompetensi para driver,
customer sendiri akan merasakan manfaatnya seperti driver lebih percaya diri
serta kompeten," ujar Winarto.

1 dari 3 Halaman

Ia juga menjelaskan bahwa sopir perlu mendapatkan motivasi lewat penghargaan khusus untuk mereka.

?Kita mengadakan kompetensi ini juga untuk momentum memberi reward kepada para driver, untuk lebih memotivasi driver sebagai manusia. Benefit untuk para driver, kami sendiri (UD Trucks), dan tentunya para customer,? tambahnya.

2 dari 3 Halaman

Valery Muyard, President Director PT UD Astra Motor Indonesia, menekankan bahwa UD Trucks sangat peduli terhadap para pengemudi. Extra Mile Challenge sebagai salah satu program yang rutin diadakan setiap tahun ini adalah salah satu buktinya. Dengan adanya kompetisi global ini, diharapkan dapat memotivasi lahirnya pengemudi-pengemudi cerdas yang tak hanya andal, melainkan juga mampu mengemudi dengan aman dan efisien.

Dari acara ini, terpilihlah enam peserta terbaik yang merupakan perwakilan dari pelanggan UD Trucks. Empat pengemudi berasal dari Jakarta, sementara dua lainnya dari Solo dan Palembang. Mereka adalah Achmad Darwilis (PT. Pertamina Patra Niaga), Agustiadi (PT. Dunia Express Transindo), Irwan S. Wijaya (PT. Lancar Central Logistics), Saiful Anwar (PT. Duta Lintas Nusa), Ahmad Saiful Hanafi (PT. Alam Widjajatrans), dan Rusdi (PT. Agung Teratai Makmur).

Mereka terlebih dahulu akan dibekali dengan pelatihan serta teknis dari tim UD Trucks sebelum berlaga di track. Dan untuk juara satu di antara mereka, akan diberangkatkan ke Jepang untuk mengikuti pelatihan dan bersaing dengan pengemudi andal di sana.

3 dari 3 Halaman

UD Trucks turut menghitung konsumsi bahan bakar sesuai tajuk acara 'Memperkenalkan Konsep Pengendara Cerdas ala UD Trucks'. Konsumsi bahan bakar dihitung menggunakan data telematik yang dapat diakses melalui website dengan takaran km/liter.

Dari enam peserta tersebut, selanjutnya akan dipilih satu pemenang untuk dikirim ke Jepang untuk menjalani kompetisi global. UD Trucks berharap dapat membuat para sopir truk di Indonesia tetap bangga dan memberikan yang terbaik saat bersaing dengan para supir truk lainnya dari berbagai negara.

Reporter: Shaffa Maarij Kahfi

BERI KOMENTAR