HOME » BERITA » SPORTSCAR MASERATI MC20 MENGASPAL DI INDONESIA

Sportscar Maserati MC20 Mengaspal di Indonesia

Maserati Indonesia memperkenalkan super sportscar terbaru Maserati MC20 di Jakarta, Kamis (10/9). Mobil ini memuntahkan tenaga 621 hp.

Jum'at, 11 September 2020 10:15 Editor : Nazarudin Ray
Sportscar Maserati MC20 Mengaspal di Indonesia
Maserati MC20, super sportscar bertenaga 621 hp (Maserati Indonesia)

OTOSIA.COM - Maserati Indonesia memperkenalkan sportscar terbaru Maserati MC20 di Jakarta, Kamis (10/9). Sportscar ini memadukan performa, sporti dan kemewahan khas mobil sport Italia.

Nomenklatur MC20 merupakan sebuah kode. MC mengacu pada Maserati Corse dan 20 untuk 2020, sebagai world premiere serta dimulainya era baru.

Tema desain MC20 adalah identitas bersejarah Maserati dengan segala keanggunan, performa dan kenyamanan yang tidak terpisahkan dari warisan genetiknya. Fokus pada performa mengarahkannya pada konsep mobil dengan karakter berbeda, serta tampilan yang unik.

1 dari 4 Halaman

Di balik kapnya dibenamkan mesin Nettuno 3000cc baru berkonfigurasi V6 twin turbo, yang sanggup memuntahkan tenaga 621 hp, dan torsi puncak 730 Nm. Untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya perlu waktu kurang dari 2,9 detik, sebelum mencapai kecepatan tertinggi yang lebih dari 325 km/jam.

Maserati MC20 punya bobot ringan di bawah 1.500 kg. Mobil ini diklaim menjadi super sports car terbaik di kelasnya dalam hal rasio berat dengan tenaga, yakni 2,33 kg/hp. Rekor ini dicapai melalui penggunaan material pilihan berkualitas, seperti penggunaan serat karbon.

 

2 dari 4 Halaman

Maserati MC20 mengaplikasikan pintu ala kupu-kupu, namun fungsional dengan peningkatan nilai ergonomis. Hal ini juga sekaligus mengoptimalkan akses masuk maupun keluar kabin.

Rekayasa aerodinamika badannya dirancang selama lebih dari dua ribu jam kerja dalam Terowongan Angin Dallara, termasuk lebih dari seribu simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics), yang memunculkan terciptanya karya seni eksklusif.

Hasilnya, mobil memiliki garis tubuh yang ramping, tanpa tambahan lain. Hanya spoiler belakang yang berfungsi meningkatkan downforce tanpa mengurangi keindahan MC20. Koefisiennya di bawah angka 0,38.

 

3 dari 4 Halaman

Interior dan warna

MC20 dirancang sebagai coupe, convertible dan kendaraan full electric. Pada bagian interior, setiap komponen berorientasi pada pengemudi. Bentuk kabin sederhana, sedikit sudit-sudut tajam, serta minim distraksi. Di dalamnya terpasang dua layar 10 inci, satu untuk kokpit dan satu lagi untuk Maserati Touch Control Plus (MTC Plus MIA).

Bagian konsol tengah berbalut serat karbon dengan beberapa fitur yang terpasang, seperti charger smartphone nirkabel, kenop pemilih mode mengemudi seperti GT, Wet, Sport, Corsa dan ESC Off, yang menonaktifkan fungsi kontrol, dua tombol pilihan kecepatan, kontrol power window, kontrol peranti multimedia serta kompartemen penyimpanan praktis tepat di bawah sandaran tangan.

 

4 dari 4 Halaman

Sementara tombol pengontrol lainnya ada di lingkar kemudi, seperti tombol start di sebelah kiri dan launch control di sebelah kanan.

MC20 baru juga terhubung dengan program Maserati Connect. Berbagai fitur hiburan lengkap termasuk sambungan navigasi, Alexa dan Wifi Hotspot dapat dikelola melalui aplikasi smartphone Maserati Connect atau aplikasi di smartwatch.

Maserati MC20 menawarkan warna Bianco Audace, Giallo Genio, Rosso Vincente, Blu Infinito, Nero Enigma dan Grigio Mistero. Semuanya mengandung tema penting, yakni sebagai referensi kuat Made in Italia, identitas darah Italia serta berhubungan dengan tradisi Maserati.

 

BERI KOMENTAR