HOME » BERITA » STARTER ELEKTRIK SEPEDA MOTOR BERMASALAH, PERIKSA BEBERAPA KOMPONEN INI

Starter Elektrik Sepeda Motor Bermasalah, Periksa Beberapa Komponen Ini

Jika electric starter pada sepeda motor tak berfungsi, pemilik motor harus mengecek beberapa komponen yang biasa menjadi pemicu kerusakan starter elektrik.

Jum'at, 17 April 2020 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Starter Elektrik Sepeda Motor Bermasalah, Periksa Beberapa Komponen Ini
Ilustrasi starter elektrik (Suzuki.co.id)

OTOSIA.COM - Saat starter elektrik sepeda motor mulai ngadat atau tak berfungsi sama sekali, komponen tertuduh pertama biasanya aki. Orang kerap beranggapan bahwa aki sudah soak.

Padahal tak selalu aki yang jadi biang keroknya. Melansir laman Wahana Honda, ada beberapa komponen yang harus diperiksa ketika electric starter tidak berfungsi, meskipun harus mengecek aki terlebih dahulu.

Pertama, masalah yang biasanya terjadi adalah sekring atau fuse yang terdapat pada motor juga dapat menjadi penyebab electric starter ngadat.

Fuse sendiri bertugas dengan memanfaatkan kawat tipis untuk menjadi indikator munculnya aliran listrik berlebih. Ketika ada aliran listrik besar, maka kawat tersebut akan terputus secara otomatis.

Ketika kawat pada fuse putus, maka rangkaian kelistirkan menuju starter juga terkendala.

1 dari 1 Halaman

Masalah yang kedua, biasanya terletak di switch starter. Hampir sama dengan fungsi fuse, switch starter atau bendik juga berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik.

Tanda-tanda switch starter rusak, maka akan muncul bunyi ?krek .. krek? saat kabelnya disambungkan. Dan saat switch starter bermasalah, maka electric starter otomatis tdak berfungsi.

Kemudian, bisa juga terjadi masalah pada arang kumparan yang rusak dan habis tergerus. Jika sudah begitu, otomatis tidak ada daya listrik yang tersalur dan menyebabkan aliran menuju electric starter pun tidak berjalan sebagain mana mestinya.

Selain itu, ketika electric starter tidak berfungsi, ada kemunginan juga rangkaian kabel bodi tidak tersambung secara sempurna atau ada yang putus.

Oleh karena itu, periksa terlebih dahulu rangkaian kabel tersebut sebelum memutuskan untuk memvonis salah satu komponen di dalam motor, termasuk aki.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR