HOME » BERITA » STEFAN BRADL UNGKAP PENTINGNYA SEORANG TEST RIDER MOTOGP

Stefan Bradl Ungkap Pentingnya Seorang Test Rider MotoGP

Selain pembalap yang sering terlihat, ada pula test rider MotoGP. Peran test rider di suatu tim balap MotoGP juga tak bisa disepelekan.

Sabtu, 10 Juli 2021 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Stefan Bradl Ungkap Pentingnya Seorang Test Rider MotoGP
Stefan Bradl (HRC)

OTOSIA.COM - Di balik gemilangnya capaian para pembalap MotoGP seperti Valentino Rossi, Marc Marquez, hingga Fabio Quartararo, ada tim lain yang bekerja sama membantu si pembalap bisa meraih kemenangan. Tak hanya teknisi, tapi juga ada pembalap lain yang memiliki peran penting yang disebut sebagai pembalap penguji atau lebih dikenal dengan test rider.

Dalam satu tim setidaknya ada satu test rider. Seperti tim Honda yang memiliki Stefan Bradl, Yamaha yang memiliki Cal Crutchlow, dan KTM yang memiliki Dani Pedrosa.

Selain bertugas untuk mengembangkan hingga menguji sepeda motor balap MotoGP, test rider juga biasanya memiliki tugas menggantikan pembalap utama. Seperti yang dilakukan Stefan Bradl pada musim 2020 yang hampir sepenuhnya menggantikan Marc Marquez. Cal Crutshclow juga akan menggantikan Franco Morbidelli pada MotoGP Styria di Red Bull Ring pada awal Agustus 2021 mendatang.

1 dari 2 Halaman

Berbicara soal test rider MotoGP, Stefan Bradl rupanya mengungkapkan pentingnya peran seorang test rider. Dilansir dari RideApart, Bradl mengatakan kepada Ride Hi tentang perbedaan utama anatara pembalap MotoGP dan test rider.

Pembalap penguji MotoGP bisa dengan mudah mendapatkan euforia saat hari balapan. Namun, mereka melakukan persiapan jauh-jauh hari bahkan berminggu-inggu sebelum balapan yang sebenarnya digelar. Contohnya, ketika MotoGP 2021 belum selesai, para test rider sudah mempersiapkan sepeda motor balap untuk musim 2022.

Pengujian dilakukan mulai dari mengatur putaran mesin, menentukan performa sepeda motor secara keseluruhan, hingga meneliti setiap aspek dari sepeda motor yang bisa disesuaikan ketika race day.

2 dari 2 Halaman

Bradl menyebut bawa menjadi test rider lebih tentang memastikan bahwa motornya disetel dengan sempuran, mulai dari ban, hingga suspensi, sampai rem untuk pekan balapan.

"Karena kami lebih fokus pada bagian dan item tes. Tentu saja, waktu putaran sama pentingnya. Kami melakukan dua hal pada saat yang sama, tetapi di race week bahkan lebih penting untuk sepenuhnya fokus pada waktu putaran. Anda hanya perlu melakukan beberapa penyesuaian pada persiapan, item pengujian dan perangkat keras," kata Bradl.

Sementara itu, sebagain besar pujian cenderung diberikan untuk pembalap utama MotoGP. "Tentu saja, saya sama sekali tidak mengabaikan bakat dan keterampilan pembalap MotoGP yang luar biasa," lanjut pembalap berkebangsaan Jerman itu.

BERI KOMENTAR