HOME » BERITA » STRATEGI UNIK POLISI UNTUK TILANG PENGENDARA PENGGUNA HP

Strategi Unik Polisi untuk Tilang Pengendara Pengguna HP

Rabu, 14 November 2018 19:15 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi Cara membersihkan kaca jendela mobil luar. (Microfiber Wholesale)

OTOSIA.COM - Berkendara merupakan kegiatan yang mengharuskan pelakunya untuk terus berkonstentrasi. Karena itu, dibuatlah berbagai regulasi untuk mencegah pecahnya perhatian pengemudi, salah satunya adalah dilarang menggunakan HP (handphone) saat berkendara.

Tak hanya di Indonesia, ancaman serius berkendara sembari bermain HP juga terjadi di sejumlah kota besar di penjuru dunia. Tak terkecuali di Victoria, Australia.

Hanya saja, di negeri kangguru ini ada cara unik untuk mengatasi pengemudi bandel. Ya, satuan polisi Victoria merazia pengemudi yang bermain HP dengan berpura-pura sebagai pembersih kaca mobil. Salah satu daerah yang ditempati polisi yaitu persimpangan di Nunawading, Melbourne. Demikian dikutip Liputan6.com dari nzherald.co.nz.

Aksi polisi yang menyamar ini juga sempat tertangkap kamera pengemudi mobil dan membagikannya ke akun media sosial Facebook dan menjadi viral.

"Ini luar biasa. Polisi yang menyamar, berpura-pura menjadi pencuci kaca depan dan menangkap orang-orang di lampu merah," tulisnya.

Razia polisi dalam meminimalisir kecelakaan akibat penggunaan HP ini memang dianggap menjadi ancaman serius. Bahkan kepolisian Victoria sempat memberikan pernyataan bahwa mereka akan melakukan pengamatan rahasia, terhadap para driver yang bandel karena menggunakan HP saat mengemudi.

Biasanya, polisi yang menyamar akan mendekat dan memberikan kode kepada rekan lainnya. Setelah itu, polisi berserama akan melakukan penilangan sesuai dengan petunjuk rekannya yang mengintai.

Tak tanggung-tanggung, pihak kepolisian setempat memberikan denda sebesar USD484 atau sekitar Rp7 jutaan kepada orang-orang yang tetap nekat menggunakan HP saat mengemudi (Kurs USD1 = Rp14.814).

Sumber: Liputan6.com

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR