HOME » BERITA » STUDI: DAYA TARIK TESLA DI PASAR MOBIL LISTRIK MULAI GOYAH

Studi: Daya Tarik Tesla di Pasar Mobil Listrik Mulai Goyah

Berdasarkan hasil studi terbaru, daya tarik Tesla tak mutlak

Minggu, 28 Februari 2021 13:15 Editor : Ahmad Muzaki
Studi: Daya Tarik Tesla di Pasar Mobil Listrik Mulai Goyah
Ilustrasi mobil listrik (Cnet)

OTOSIA.COM - Sejauh ini, Tesla menjadi pabrikan mobil listrik yang begitu menguasai pasar. Namun, baru-baru ini ada kabar baik bagi produsen lainnya. Sebab dari studi terbaru yang dilakukan, konsumen tak sepenuhnya memilih Tesla sebagai merek mobil listrik yang dibeli.

Melansir Cnet, studi ini dilakukan oleh JD Power tentang Pertimbangan Kendaraan Listrik yang dirilis pada Kamis (25/2). Selain itu, survei ini dilakukan kepada 9.000 konsumen yang berencana membeli atau menyewa kendaraan baru dalam 12 bulan ke depan.

1 dari 2 Halaman

Hasilnya, 27% mengatakan bahwa mereka tidak hanya memasukkan Tesla dalam daftar pertimbangan pembelian mobil baru, tetapi juga memilihnya. Performa menjadi alasan mereka lebih memilih Tesla.

Meski begitu, studi ini menemukan fakta yang cukup menggembirakan bagi produsen mobil lainnya. Sebab hanya 4% konsumen yang hanya tertarik dengan Tesla. Sisanya atau 96% konsumen mobil listrik bisa beralih untuk membeli dari merek lain, seperti Hyundai, Nissan, Volkswagen, hingga produsen lainnya.

2 dari 2 Halaman

Direktur Senior Ritel Otomotif di JD Power, Stewart Stropp menjelaskan bahwa daya tarik Tesla tak mutlak, bisa digantikan oleh merek lainnya. Tergantung produsen lainnya dalam mendidik dan menjelaskan tentang kelebihan mobil listriknya daripada Tesla.

Dalam studi yang telah dilakukan pun, sebanyak 30% konsumen mengatakan bahwa mereka tidak akan memilih mobil listrik jika tak mengetahui informasinya secara lengkap.

Kemudian, harga yang terjangkau juga bisa memengaruhi pasar mobil listrik. Apalagi beberapa pabrikan sudah meluncurkan mobil listrik dengan harga lebih murah daripada Tesla, seperti Chevrolet Bolt EV hingga Hyundai Kona Electric.

BERI KOMENTAR