HOME » BERITA » STUDI: JALUR SEPEDA TINGKATKAN KEMACETAN DAN POLUSI

Studi: Jalur Sepeda Tingkatkan Kemacetan dan Polusi

Adanya jalur sepeda ternyata lebih banyak ruginya daripada untung, sebab malah meningkatkan kemacetan dan polusi

Selasa, 08 Desember 2020 20:15 Editor : Ahmad Muzaki
Studi: Jalur Sepeda Tingkatkan Kemacetan dan Polusi
Jalur sepeda (Visordown)

OTOSIA.COM - Saat ini bersepeda menjadi tren di tengah masyarakat. Maka tak heran banyak ditemukan pesepeda berlalu lalang di jalan raya, baik itu di jalur sepeda atau pun tidak.

Terkait jalur sepeda, ternyata ada fakta menarik di baliknya. Hal itu berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh The-lanes Telegraph kepada 34.000 kendaraan. Penelitian ini dilakukan saat pagi dan sore hari di jam-jam sibuk dan ketika cuaca tak buruk.

1 dari 2 Halaman

Lebih lanjut, melansir Visordown, hasilnya di delapan rute yang dipantau hanya ditemukan 608 pesepeda yang melintas. Selain itu, jalur sepeda hanya digunakan oleh satu pesepeda dari 400 kendaraan yang melintas.

Alhasil jalur sepeda lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Dengan lebar yang ada, tentu akan memakan badan jalan untuk kendaraan bermotor. Sehingga semakin sempit dan membuat lalu lintas padat.

2 dari 2 Halaman

Dengan lalu lintas padat hingga macet, maka akan terjadi peningkatan polusi. Ini terjadi karena kendaraan hanya diam tak kunjung melaju.

Dampak buruk lainnya adalah mengganggu laju kendaraan layanan darurat, seperti ambulans hingga pemadam kebakaran. Hal ini terjadi karena kemacetan yang ada di sepanjang jalan.

BERI KOMENTAR