HOME » BERITA » STUDI KEPUASAN LAYANAN PENJUALAN, BRAND INI RAIH PERINGKAT TERATAS

Studi Kepuasan Layanan Penjualan, Brand Ini Raih Peringkat Teratas

Dari sekian merek otomotif di Indonesia, J.D. Power Indonesia juga mencatat bahwa brand yang menempati peringkat teratas kepuasan layanan penjualan dipegang Mitsubishi

Selasa, 26 November 2019 21:45 Editor : Ahmad Muzaki
Studi Kepuasan Layanan Penjualan, Brand Ini Raih Peringkat Teratas
Mitsubishi Pajero Sport (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Menurut J.D. Power 2019 Indonesia Sales Satisfaction Index (Mass Market) Study, secara keseluruhan kepuasan penjualan meningkat di antara para pembeli kendaraan baru di tahun 2019. Akan tetapi, lebih dari sepertiga pembeli menunggu lebih lama dari yang diharapkan untuk pengiriman kendaraan dikarenakan masalah administrasi, dibanding tahun 2018 lalu.

Kepuasan tahun ini didorong oleh peningkatan di seluruh proses penjualan, khususnya kepuasan dari konsultan sales.

Tahun ini, Lebih sedikit insiden penjualan mengalami tekanan (6% pada 2019 vs 9% pada 2018), lebih banyak pelanggan melaporkan staf diler sepenuhnya memahami kebutuhan mereka (84% vs 72%) dan penggunaan alat digital seperti smartphone atau tablet (66%) mengangkat nilai indeks 21 poin secara keseluruhan (pada skala 1.000 poin) menjadi 830 poin tahun ini.

1 dari 3 Halaman

Brand Paling Memuaskan

Studi Kepuasan Layanan Penjualan, Brand Ini Raih Peringkat TeratasBrand Paling Memuaskan

Dari sekian merek otomotif di Indonesia, J.D. Power Indonesia juga mencatat bahwa brand yang menempati peringkat teratas kepuasan layanan penjualan dipegang Mitsubishi.

Mitsubishi meraih skor tertinggi untuk layanan penjualan di Indonesia dalam studi SSI yang dilakukan oleh J.D. Power terhadap 2.304 responden pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka di dealer resmi Mitsubishi antara bulan Juli 2018 dan Juni 2019. Studi SSI ini dilaksanakan mulai bulan Januari hingga Agustus 2019.

Mitsubishi Motors berhasil meraih peringkat tertinggi di antara brand otomotif lainnya, dengan capaian skor sebesar 835 poin untuk indeks kepuasan penjualan. Skor ini tidak hanya merupakan skor tertinggi yang pernah diraih oleh Mitsubishi tetapi juga secara mass market.

Terdapat lima faktor yang berkontribusi mempengaruhi kepuasan pelanggan dengan pengalaman pembelian kendaraan baru, yaitu konsultan sales (23%), fasilitas diler (23%), proses pengiriman (19%), penyelesaian kesepakatan (19%) dan penyelesaian dokumen (16%).

2 dari 3 Halaman

Mengukur Kepuasan Pelanggan

Studi Kepuasan Layanan Penjualan, Brand Ini Raih Peringkat TeratasMengukur Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan diukur pada skala 1.000 poin, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi.

"Setelah mencapai peringkat tertinggi Indonesia Sales Satisfaction Index J.D. Power 2019, kami juga memiliki rencana untuk melakukan berbagai pengembangan dan peningkatan pelayanan lebih lanjut dalam waktu dekat," ungkap Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Senin (25/11).

3 dari 3 Halaman

Apa Itu CSI J.D Power 2019?

Studi Kepuasan Layanan Penjualan, Brand Ini Raih Peringkat TeratasApa Itu CSI J.D Power 2019?

Indonesia Customer Service Index (CSI) J.D. Power 2019 adalah studi untuk mengukur seberapa puas konsumen kendaraan baru melakukan pembelian dan melakukan servis kendaraan di dealer pada periode Februari 2018 hingga Juni 2019 dan pelanggan yang melakukan perbaikan kendaraan di dealer resmi Mitsubishi pada periode Februari 2018 hingga Juni 2019.

Studi dilakukan terhadap 2.786 responden. Penghargaan untuk Mitsubishi Motors sebagai peringkat tertinggi untuk studi CSI ini diserahkan oleh J.D. Power kepada MMKSI pada tanggal 25 September lalu.

BERI KOMENTAR