HOME » BERITA » STUDI MENUNJUKKAN PEMILIK KENDARAAN TELAH MENGHABISKAN MILIARAN RUPIAH UNTUK PARKIR

Studi Menunjukkan Pemilik Kendaraan Telah Menghabiskan Miliaran Rupiah untuk Parkir

Rabu, 15 November 2017 20:20 Editor : Magang
Image: carscoops

OTOSIA.COM - Memarkir mobil sempat menuai polemik karena minimnya lahan sehingga jika dilakukan di jalanan sempit, tentu saja akan mengganggu mobilitas para pengguna jalan.

Tidak hanya di Indonesia saja, di Amerika Serikat pun masih banyak tempat-tempat parkir yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Dengan model parkir yang harus membayar, jika diakumulasikan semuanya, terbukti bahwa nilai dari parkir sebenarnya berjumlah sangat besar. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh INRIX menyatakan dari 17,986 pengemudi di 30 kota-kota Amerika Serikat telah memarkir kendaraannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Carscoops.com (14/07) mencatat para pengguna jalan, terutama di New York, Amerika Serikat telah memarkir kendaraannya dengan total waktu selama 107 jam per tahunnya. Biasanya para pengguna jalan di Amerika Serikat bisa menghabiskan lebih dari $345 (Rp. 4,7 juta) per tahunnya.

Bila dibandingkan dengan keadaan di Tanah Air, jumlahnya mungkin akan lebih banyak lagi, mengingat Indonesia memiliki pengguna kendaraan yang cukup banyak. Biasanya tarif parkir di Indonesia mencapai Rp. 2,000 hingga Rp. 10,000 tergantung kendaraan yang digunakan. 

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, kendaraan Indonesia didominasi oleh sepeda motor dengan jumlah 98,88 juta unit pada tahun 2015 lalu. Andaikan saja satu motor diparkir dengan tarif Rp 2.000, maka total uang yang terkumpul bisa mencapai Rp 77,76 Miliar. 

 (kpl/nic/sdi/mag)

BERI KOMENTAR