HOME » BERITA » STUDI: SETIR MOBIL 9 KALI LEBIH JOROK DIBANDING TOILET

Studi: Setir Mobil 9 Kali Lebih Jorok Dibanding Toilet

Berdasarkan studi, ternyata setir mobil 9 kali lebih jorok ketimbang toilet

Senin, 28 September 2020 09:15 Editor : Ahmad Muzaki
Studi: Setir Mobil 9 Kali Lebih Jorok Dibanding Toilet
Menyetir mobil (Laura Gariglio on Unsplash)

OTOSIA.COM - Ternyata ada satu bagian di dalam mobil yang sangat kotor. Bahkan lebih jorok ketimbang toilet. Bagian tersebut adalah setir mobil.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Queen Mary University di London Inggris, diketahui jika roda kemudi bisa sembilan kali lebih kotor dibanding pispot di toilet umum.

Melansir Liputan6.com, studi ini menemukan bahwa ada 700 bakteri hidup di setiap inci dari setir mobil. Jumlah bakteri ini jauh lebih banyak ketimbang yang ada di pispot toliet, yaitu hanya 80 bakteri.

1 dari 2 Halaman

Bakteri yang hidup di setir dan di seluruh bagian interior mobil, adalah bacillus cereus. Bakteri ini sering ditemukan dalam pasta, kentang, dan nasi ini dapat menyebabkan keracunan makanan.

Menurut Direktur ilmu biomedis Queen Mary University, Ron Cutler, mengungkapkan jika sebagian besar bakteri memang tidak menyebabkan masalah kesehatan. Tetapi, di beberapa mobil ditemukan bakteri yang menjadi rumah bagi sejumlah spesies bakteri yang berpotensi berbahaya.

"Kebanyakan orang membersihkan rumah mereka. Tetapi banyak orang lalai membersihkan mobil mereka, dan eperti mengemudi dengan kendaraan dengan kondisi mirip tempat sampah," jelas Ron Cutler, seperti disitat dari Autoevolution, Kamis (24/9/2020).

2 dari 2 Halaman

Penyebab Bakteri

Penyebab utama dari banyaknya bakteri di setir mobil ini adalah sebagian besar pengemudi kerap makan di mobil. Dari hasil penelitian ini tercatat 42 persen pengemudi makan di dalam mobil, dan hanya sepertiga dari mereka membersihkan interior mobil mereka setahun sekali.

Bahkan di Inggris, sekitar 10 persen pengemudi mobil mengakui bahwa mereka tidak pernah membersihkan bagian dalam kendaraan.

Tidak hanya itu saja, para peneliti juga mengungkapkan bahwa ruang paling kotor di dalam mobil adalah bagasi. Pasalnya bagian tersebut menjadi rumah dari 1.000 bakteri. Bahkan ada di setiap setengah inci lapisan di bagasi mobil.

BERI KOMENTAR