HOME » BERITA » SUBHAN AKSA RAIH JUARA RALLY NASIONAL

Subhan Aksa Raih Juara Rally Nasional

Senin, 19 November 2012 21:50

Subhan Aksa Raih Juara Rally Nasional
Pereli Subhan Aksa dan navigator Hade Mboi juarai Kejurnas East Borneo Rally di Balikpapan
Editor : Anton

Otosia.com - Untuk kali ketiga berturut Subhan Aksa sukses menjuarai reli mobil Indonesia setelah memenangi putaran keempat sekaligus terakhir serial Kejurnas East Borneo Rally di Balikpapan, Kaltim, Minggu (18/11).

Tampil dengan Mitsubishi Lancer Evolution X yang ia namai Sadira, mengikuti nama salah satu keponakan kesayangannya, pereli asal Sulsel ini tampil dominan pada keseluruhan lomba. Sebanyak 6 Special Stage (SS) di wilayah Gunung Harang Sejahtera pada hari terakhir dilakoninya tak lagi segalak penampilan hari sebelumnya (Sabtu, 17/11) saat ia memenangi seluruh SS yang ada.

Berpasangan dengan navigator Hade Mboi, ia cenderung menjaga irama lomba karena sudah unggul 1 menit 25,4 detik pada hari sebelumnya atas pesaing terdekat, Rizal Sungkar (DKI Jaya). Dari enam SS tersisa, Subhan tampil tercepat di 3 SS. Dua SS direbut Rizal Sungkar, dan 1 SS dimenangi pereli muda tuan rumah Ryan Nirwan.

Meski sudah cenderung tampil aman, kendala serius justru dialami Subhan di SS 12 yang merupakan lintasan terakhir. Turbo mobilnya jebol pada 4 km sebelum garis finish.

Dengan segala daya dan kemampuan mesin yang mendadak drop, ia berjuang mencapai finish dan akhirnya banyak kehilangan waktu. Di situ saja selisih waktunya terpangkas 37,6 detik oleh Rizal yang memenangi SS tersebut.

"Untungnya sudah banyak menabung keunggulan waktu di hari pertama. Sempat deg-degan juga dengan kondisi mobil yang tiba-tiba seperti itu," ujarnya.

Secara keseluruhan ia mencatat total waktu 1 jam 14 menit 57,5 detik. Disusul Rizal di tempat kedua, dan Akbar Hadianto di urutan ketiga. Sayang, Ryan yang sebenarnya tampil apik dan bisa mengimbangi para seniornya mengalami kecelakaan fatal di SS11 dan harus dilarikan ke rumah sakit meski cederanya tak parah.

Ia masih menggunakan ban basah sementara saat itu lintasan sudah mulai mengering. Mobilnya selip dan menghantam tanggul, kemudian berputar menabrak tebing.

Ini kali ketiga Subhan menjuarai seri Kejurnas 2012. Sebelumnya ia memenangi Seri 1 dan 3 yang berlangsung di Sumatera Utara, sementara Rizal memenangi Seri 2. Hasil ini membawanya jadi juara Indonesia 2012.

Sebuah hattrick istimewa dalam karir relinya setelah mendapat status sama pada 2009 dan 2010. Pada 2011 tak ada kejuaraan nasional.

"Saya sangat bersyukur dengan pencapaian ini. Sukses ini berkat berbagai faktor, khususnya kerja keras tim yang mampu membuat mobil kompetitif. Gelar nasional ini buat saya sangat berharga dan membanggakan. Itu diraih dengan perjuangan berat," tandasnya kepada para wartawan seusai finish SS12.

Menjadi lebih istimewa karena prestasi itu melengkapi prestasi internasional yang sepekan sebelumnya ia sukses mengakhiri serial FIA 2102 Production World Rally Championship (PWRC) di posisi 5 Besar.

Mengenai rencana musim depan, Subhan memastikan tetap berlomba di seri Kejuaraan Nasional meskipun saat bersamaan ia akan mengikuti seri PWRC yang akan berganti nama jadi WRC-2. Ia tidak akan memfokuskan diri di seri dunia karena ingin tetap ikut meramaikan atmosfer kompetisi di seri nasional.

"Secara pribadi, gelar nasional buat saya punya kebanggaan tersendiri. Itu sangat berharga meskipun saya juga ikut di kejuaraan dunia. Selain itu, dunia reli Tanah Air sudah membaik belakangan ini, baik dari segi penyelenggaraan, partisipasi peserta, maupun kualitas lombanya.

Ini tentu jadi tanggung jawab bersama untuk terus mengembangkannya dan mudah-mudahan tahun depan semakin baik dan ramai," tutup pereli berusia 26 ini yang memulai karir relinya sejak remaja.(kpl/nzr/bun)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-3
detail

BERITA POPULER