HOME » BERITA » SUBHAN AKSA TINGGALKAN LANCER EVO X

Subhan Aksa Tinggalkan Lancer Evo X

Kamis, 20 Desember 2012 09:50

Subhan Aksa Tinggalkan Lancer Evo X
Ilustrasi: Subhan Aksa Bersama Lancer Evolution X (Foto: Tatan R)
Editor : Albert

Otosia.com - Sesuai regulasi FIA yang menghilangkan istilah Production World Rally Championship (PWRC) di musim reli 2013 dan menggantinya menjadi WRC2. Pereli nasional, Subhan Aksa dari tim reli Bosowa, mulai mempersiapkan diri untuk jenjang satu tingkat di bawah WRC ini.

WRC2 adalah kelas gabungan mobil-mobil yang semula berkompetisi di kelas Super2000 WRC dan PWRC. Untuk menghadapi kelas baru ini, Subhan harus rela meninggalkan Mitsubishi Lancer Evolution X yang pernah membawanya bercokol di 5 besar reli dunia PWRC dan Juara Indonesia 2012.

Mitsubishi Lancer Evo X

Gambar. Mitsubishi Lancer Evolution X

Dari spesifikasi dan regulasi teknisnya, akan sulit bersaing di WRC2 jika tetap mengandalkan Evo X untuk melawan mobil-mobil eks kelas SWRC seperti Ford Fiesta 2000 dan Skoda Fabia 2000 yang pada musim 2012 mendominasi SWRC.

"Bodi mobil lebih ramping dan semburan tenaganya lebih besar. Handlingnya lebih mudah sehingga lebih lincah bermanuver," ujar Subhan. Menurut pengamatannya di musim 2012, mobil-mobil PWRC bisa kalah 1-2 detik per 1 km dibanding pacuan SWRC.

Untuk itulah Subhan akan beralih pacuan. Sejak November lalu, sudah ada pembicaraan intensif dengan Ford dan Skoda. Bahkan awal tahun 2013 nanti ada jadwal untuk pengetesan kedua mobil tersebut. Mana yang nantinya akan digunakan tergantung pada deal finansial dan teknisnya. Namun yan g terpenting adalah cocok dengan driving style Subhan dan potensial untuk mencetak prestasi.

Di musim reli 2012, Subhan Aksa tampil dengan torehan prestasi yang gemilang. IIa berhasil menembus 5 besar dunia kelas PWRC dengan total poin 77. Dari enam seri yang diikutinya, Subhan selalu finis dan memetik poin. Tiga di antaranya mencapai podium sebagai runner up di Yunani dan Selandia Baru, serta posisi ketiga di Spanyol.  (kpl/tr/abe)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-3
detail

BERITA POPULER