HOME » BERITA » SUDAH 4 TAHUN DI INDONESIA, APA KABAR MITSUBISHI XPANDER?

Sudah 4 Tahun di Indonesia, Apa Kabar Mitsubishi Xpander?

Mitsubishi Xpander sudah memasuki usia 4 tahun sejak diluncurkan. Publik otomotif pun dibuat penasaran bagaimana desain dan perubahan selanjutnya setelah 5 tahun.

Selasa, 19 Oktober 2021 20:15 Editor : Nazarudin Ray
Sudah 4 Tahun di Indonesia, Apa Kabar Mitsubishi Xpander?
Mitsubishi Xpander Cross (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Tahun ini, Mitsubishi Xpander sudah berusia 4 tahun sejak lahir di Indonesia. Mobil yang kali pertama diperkenalkan di ajang GIIAS 2017 tersebut dikembangkan khusus untuk pembeli di Indonesia.

Tidak bisa ditampik, kehebohan muncul manakala wajah asli Xpander terbuka ke publik. Ia dengan segera menjadi lawan tanding yang hot karena pada masa itu sudah eksis mobil sekelasnya.

1 dari 3 Halaman

Fokus bahwa Xpander dibuat dan untuk Indonesia pun dalam usianya yang ke-4 ini ditegaskan oleh Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI tidak berubah.

"Kalau Xpander, awalnya walau diekspor ke 30 negara, awalnya diproduksi khusus untuk desain di Indonesia sesuai permintaan pasar Indonesia. Indonesia jadi pasar yang utama. Untuk ke depan, rencana tidak akan berubah, walau ada permintaan dari negara lain. Pengembangan produk ke depannya tetap diprioritaskan Indonesia," ujarnya.

2 dari 3 Halaman

Bicara populasi, sejak pertama diluncurkan pada 2017 hingga Juli 2021, angka bagi Mitsubishi Xpander sudah mendekati 200.000 unit.

Mendapatkan penghargaan dari sejumlah media otomotif, Xpander juga dinilai memiliki banyak fitur dengan kemampuan daya angkut mumpuni untuk sebuah low MPV.

3 dari 3 Halaman

Satu yang juga membuat populasinya tinggi di Indonesia adalah insentif PPnBM. Di tengah tingginya pertimbangan berhemat di masa pandemi, program insentif tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk membeli Mitsubishi Xpander.

Itu juga tidak terlepas dari penekanan Tetsuhiro Tsuchida bahwa sekalipun Pajero Sport merupakan mobil yang juga laris di Indonesia, fokus Xpander di dalam negeri tetap pada skema awal.

"Kita selalu meminta Indonesia jadi pasar yang utama untuk Xpander. Kalau Pajero Sport kan global model, Indonesia permintaan Pajero Sport memang tinggi tapi hal itu tidak akan terjadi di Xpander karena sudah konsensus dari MMKSI dan pabrik di sana juga bahwa Indonesia yang utama," ujarnya.

BERI KOMENTAR