HOME » BERITA » SUDAH TAHU, 8 MOTOR MATIC YAMAHA MESINNYA SAMA?

Sudah Tahu, 8 Motor Matic Yamaha Mesinnya Sama?

Ada 8 motor matic Yamaha yang menggunakan mesin serupa, 1-silinder 125 cc, mulai Yamaha Mio sampai Yamaha FreeGo.

Jum'at, 27 November 2020 19:45 Editor : Cornelius Candra
Sudah Tahu, 8 Motor Matic Yamaha Mesinnya Sama?
Yamaha Mio S (Yamaha)

OTOSIA.COM - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bisa dibilang saat ini menjadi pabrikan dengan motor matic terbanyak di pasar otomotif Tanah Air. Total, mereka memiliki 14 skuter matik (skutik) mulai 125 cc sampai 530 cc.

Memang, skutik tengah naik daun di Indonesia. Tak heran jika pabrikan berlogo garpu tala itu terus melakukan penyegaran dan menghadirkan produk baru. Terbaru, mereka merilis Yamaha Gear 125 untuk memperkuat posisinya di kelas 125 cc.

1 dari 3 Halaman

Yamaha X-Ride 125

Padahal, PT YIMM sebelumnya telah memiliki 7 model berbeda di segmen skutik 125 cc, yakni Yamaha Freego, Yamaha Mio S, Yamaha Mio M3, Yamaha Mio Z, Yamaha Fio, Yamaha Soul GT, dan Yamaha X-Ride. Dengan hadirnya Yamaha Gear 125, total ada 8 motor yang mengusung mesin serupa.

Ya, kedelapan skutik ini mengandalkan mesin yang sama persis, 1-silinder SOHC 125 cc air-cooled berteknologi BlueCore. Tenaga yang dihasilkan mencapai 9,5 PS dan torsi maksimumnya mencapai 9,5 Nm, beberapa ada yang 9,6 Nm.

2 dari 3 Halaman

Yamaha FreeGo

Di pertengahan Agustus 2020 lalu, Anton Widiantoro, Public Relation Manager YIMM, menyebut bahwa ini adalah upaya Yamaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Mereka juga mencoba untuk menghadirkan pilihan yang beragam sesuai selera masing-masing.

"Kita coba diferensiasinya mesin 125 cc kita tawarkan dengan berbagai opsi desain, mau yang utility, compact, adventure, stylish, itu ada semua. Jadi supaya konsumen bisa memilih," terang Anton.

3 dari 3 Halaman

Yamaha Gear 125

Ia pun mengakui bahwa strategi tersebut cukup berhasil untuk menjaring konsumen. Buktinya, cara tersebut masih digunakan dan banyak pilihan bagi konsumen adalah hal yang baik.

Sekadar informasi, skutik 125 termurah pabrikan asal Jepang itu sekarang dipegang oleh Mio Z yang dibanderol Rp15,8 juta. Sedangkan Yamaha Freego menjadi yang termahal dengan harga Rp23,19 juta (OTR Jakarta).

BERI KOMENTAR